(Kredit: Fastcompany)

Layanan streaming musik Spotify dikabarkan akan segera melakukan ekspansi bisnisnya di pasar Asia. Sudah 2 setengah tahun Spotify merambah pasar Asia, kini mereka siap melebarkan bisnisnya dengan memasuki dua pasar penting di Asia, yakni Jepang dimana bisnis musik streaming mulai menjanjikan di pasar ini, dan di Indonesia dimana sebagai negara dengan populasi penduduk tersebesar keempat dengan lebih dari 250 juta penduduk.

(Kredit: Fastcompany)
(Kredit: Fastcompany)

Bagi yang belum mengenal, Spotify merupakan layanan streaming musik secara legal dan layanan ini sudah sangat terkenal di Amerika Serikat, bahkan jumlah penggunanya melebihi jumlah pengguna Apple Music. Di Asia sendiri, Spotify sebelumnya telah merambah pasar Hong Kong, Taiwan dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Layanan serupa pun telah beberapa hadir terlebih dahulu di Indonesia, seperti Apple Music, Rdio Deezer, dan Guvera. Alasan Spotify melebarkan bisnisnya ke dua wilayah baru di Asia karena mereka menilai, Indonesia dan Jepang merupakan pasar yang cukup menjajikan saat ini.

Di Indonesia sendiri menjadi pasar yang sangat penting tidak hanya berdasar jumlah penduduknya yang lebih dari 250 juta penduduk, namun juga karena pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia sangatlah pesat. Hal ini juga yang membuat pelaku bisnis di bidang konten multimedia digital tergiur denga pasar Indonesia.

Sebenarnya kabar Spotify bakal masuk ke Indonesia sudah lama berhembus beritanya. Awalnya informasi ini bermula dari sebuah iklan lowongan pekerjaan di Spotify yang akan menempati posisi musik editor untuk Indonesia. Meski saat ini laman tersebut sudah tidak bisa diakses, namun pada laman tersebut sempat menginformasikan bahwa kantor untuk lowongan pekerjaan itu akan bertempat di kantor pusat Singapura.

Untuk ketersediannya memang belum diketahui informasi yang pasti mengenai tanggalnya, namun jika bisa diperkirakan akan segera hadir pada momen akhir tahun 2015 nanti. Jika memang benar-benar rilis di Indonesia, nantinya layanan serupa sepertiĀ Apple Music, Rdio Deezer, dan Guvera akan mendapat rival yang sangat tangguh dalam menghadirkan layanan streaming musik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here