(Kredit: Gizmochina)

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi yang paling berpengaruh, karena beberapa inovasinya selalu diikuti oleh perusahaan lain. Salah satunya Apple Pay yang telah diperkenalkan sejak 2014 lalu, kini banyak perusahaan lain yang mengikuti jejaknya. Salah satunya Samsung yang kini memungkinkan melakukan transaksi pembayaran menggunakan perangkat mereka.

(Kredit: Gizmochina)
(Kredit: Gizmochina)

Baru-baru ini, Xiaomi juga telah memperkenalkan layanan pembayaran mobile yang disebut Xiaomi Pay. Layanan pembayaran yang menggunakan koneksi NFC ini merupakan hasil kerjasama dengan China UnionPay, yakni payment network terbesar ketiga di dunia setelah Visa dan Mastercard. Hal ini sekaligus menguatkan dugaan jika phablet terbaru Xiaomi Max akan dilengkapi dengan koneksi NFC dan sensor pemindai sidik jari.

Kerjasama antara Xiaomi dan UnionPay sendiri bukan yang pertama kali, karena sejak bulan Desember 2015 lalu, UnionPay telah meluncurkan layanan Cloud Flash yang memungkinkan pengguna smartphone membayar menggunakan NFC dan aplikasi mobile dari bank hanya dengan mendekatkan perangkat smartphone ke POS (point of sale).

Hal ini juga ditutur kan oleh Lei Jun, chairman dari Xiaomi melalui akun Weibo resmi miliknya yang mengatakan jika pengalaman Xiaomi Pay sangat lancar, dan perusahaan kini tengan bekerjasama dengan sejumlah bank untuk mengimplementasikan sistem pembayaran ini pada MIUI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here