Sebagai smartphone flagship, sudah biasa jika komponen yang diusung smartphone kelas high-end merupakan produk baru yang memiliki kualitas lebih baik. Samsung Galaxy Note 7 juga baru saja diluncurkan oleh perusahaan asal Korea Selatan itu, dan bukan hal yang aneh ketika smartphone tersebut diuji ketahanannya melalui serangkaian tes ekstrim.

Galaxy-Note-7-Gorilla-Glass-5-Scratch-Test-2-768x432

Layar Samsung Galaxy Note 7 ini diklaim dilapisi dengan bahan yang sangat kuat menahan benturan maupun goresan, yakni Gorilla Glass 5. Sudah sepatutnya jika produk baru itu memiliki ketahanan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Namun sepertinya hal tersebut cukup diragukan pada Gorilla Glass 5, yang harus merelakan jika kekuatannya diragukan. Banyak sumber yang menyebut Gorilla Glass 5 memang kuat menahan hantaman yang membuatnya tidak mudah pecah, namun lapisan layar ini dikatakan mudah tergores.

Selain itu, sebuah video terbaru juga telah memperkuat klaim tersebut. Pada sebuah video yang diunggah ke situs YouTube, memperlihatkan layar Galaxy Note 7 yang tergores hanya dengan 3 kali goresan keras. Padahal pada generasi sebelumnya membutuhkan 5 hingga 6 kali goresan keras untuk “melukai” layar tersebut.

Galaxy-Note-7-Gorilla-Glass-5-Scratch-Test-1-768x432

Melihat hal ini, Corning pun memberikan tanggapanya mengenai video tersebut tak lama setelah video beredar. Perusahaan menyebutkan jika tiga goresan yang dilakukan orang-orang pada video tersebut tidak sama dengan lima atau enam kali goresan yang dilakukan oleh tim laboratorium Corning.

Tentu hal ini yang cukup membingungkan, mana yang harus dipercaya mengenai kekuatan Gorilla Glass 5. Kendati demikian, pada video tersebut merupakan pengujian ekstrim yang tidak wajar. Namun agar layar dapat terlingungi dengan optimal, tidak ada salahnya membeli lagi pelindung layar, meski harus merogoh kocek lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here