Tangan buatan yang benar terhubung dengan otak atau tubuh penggunanya yang sering disebut lengan bionic yang juga sering kita lihat di film fiksi  ternyata bukan hal fiksi lagi dan sebentar lagi dapat dibeli secara komersial karena FDA (lembaga makanan dan obat di Amerika) telah menyetujui lengan buatan bernama “Luka” buatan DEKA yang merupakan perusahaan Dean Kamen (inventor Segway) untuk dapat dijual secara komersial. Proyek ini dimulai pada tahun 2006 yang dibiayai oleh DARPA untuk melakukan riset perangkat lengan “prostetik” yang lebih baik bagi para veteran yang pulang dari perang IRAK.

tangan_bionic

Lengan robot ini bisa digunakan untuk membantu mereka yang kehilangan lengan untuk mendapatkan lengan pengganti yang dapat melakukan sampai 10 fungsi komplek yang berbeda, termasuk menggunakan kunci dan risleting. Lengan bionik ini digerakkan oleh sinyal tubuh penggunanya sehingga bisa dikatakan bisa menggantikan sebagian dari “fungsi lengan” asli karena bisa membaca sinyal “perintah” yang dikirim oleh otak.

Deka Arm System nama lengkap lengan ini, dibuat oleh Deka Research and Development Corporation di Manchester, New Hampshire, menggunakan elektroda electromyogram untuk mendapatkan sinyal elektrik dari kontraksi otot di mana lengan prostesis ini dipasangkan, atau dari pengontrol nirkabel yang digerakan oleh pergerakan kaki. 

Persetujuan dari FDA ini merupakan hasl dari studi penggunaan 36 orang dengan amputasi yang membandingkan kemampuan lengan buatan ini dengan lengan konvensional sebelumnya. Sembilan dari 10 pengguna bisa melakukan hal yang tidak mungkin atau sangat sulit dilakukan dengan lengan buatan biasa, termasuk memutar kunci, menggunakan risleting, menyisir rambut, makan sendiri dan bahkan memegang dan memindahkan objek seperti telur.

Lengan ini bukan di”tanam” tapi dipasangkan melalui plastik atau soket carbon dengan anggota sisa lengan dari tubuh penggunanya. Saat ini DEKA belum menginformasikan kapan akan memproduksi lengan buatan ini ke pasar dan juga belum mengetahui berapa harga lengan bionic ini.

Anda dapat melihat lengan bionik ini beraksi pada video berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here