Selain meresmikan pabrik di Indonesia, Lenovo juga resmikan dua smartphone 4G 'Made in Indonesia' (Kredit: DetikInet)

Setelah sekian lama Lenovo mengumbar niatnya untuk membuka pabrikasi smartphone di Indonesia, kini rencana tersebut akhirnya dapat terealisasi. Tepatnya Rabu, 04 November kemarin, Lenovo meresmikan pabriknya yang berada di Serang, Banten.

Selain meresmikan pabrik di Indonesia, Lenovo juga resmikan dua smartphone 4G 'Made in Indonesia' (Kredit: DetikInet)
Selain meresmikan pabrik di Indonesia, Lenovo juga resmikan dua smartphone 4G ‘Made in Indonesia’ (Kredit: DetikInet)

Pihak Lenovo sendiri mengklaim, ini adalah pabrik pertamanya yang mereka dirikan di luar Tiongkok. Pihak Lenovo sendiri menggandeng pabrikasi lokal, TDK, untuk memproduksi smartphone pertama Lenovo yang berlabel ‘made in Indonesia’. Nantinya, Lenovo akan memiliki tiga lini produksi yang mampu memproduksi 75.000 hingga 250.000 unit smartphone setiap bulannya.

Sedangkan smartphone pertama yang akan diproduksi di pabrik ini adalah seri Lenovo A6010 dan A2010. Kedua smartphone tersebut merupakan smartphone 4G di bawah satu juta Rupiah pertama dari Lenovo yang diproduksi di Indonesia. Langkah Lenovo membangun pabrik di Indonesia sendiri merupakan langkahnya untuk memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dicanangkan pemerintah Indonesia.

Inilah dua smartphone yang akan diproduksi di Indonesia, Lenovo A6010 dan A2010 (Kredit: Twitter/Mobitekno)
Inilah dua smartphone yang akan diproduksi di Indonesia, Lenovo A6010 dan A2010 (Kredit: Twitter/Mobitekno)

Meskipun kedua smartphone tersebut masih memiliki tingakt TKDN sebanyak 20% saja, namun Lenovo berjanji akan meningkatkan tingkat TKDN hingga 30% pada awal Januari 2017 mendatang. Langkah Lenovo ini pun diapresiasi oleh tiga menteri kabinet kerja, yakni Menkominfo Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Menteri Perindustrian Saleh Husin yang turut hadir dan meresmikan kedua smartphone 4G made in Indonesia itu.

Indonesia sendiri merupakan pasar terbesar bagi vendor Lenovo di bisnis smartphone, bahkan menjadi pasar utama Lenovo dalam menjajakan produk smartphone-nya. Kebijakan TKDN sendiri dicanangkan pemerintah, agar Indonesia tak hanya jadi sebagai pasar saja, namun juga harus turut andil dalam bisnis smartphone generasi keempat ini.

Seperti yang kita tahu, perluasan jaringan 4G di Indonesia sendiri sudah dimulai dari Desember 2014 lalu dengan frekuensi 800MHz bersama dengan tiga operator Indonesia. Dan pada akhir bulan November ini, empat operator seluler Indonesia akan kembali menghadirkan jaringan 4G di spektrum 1.800MHz yang dikalim lebih cepat.

Meski sekarang ini 4G di frekuensi 1.800MHz belum bisa dinikmati, namun setidaknya hingga saat ini sudah ada 10 juta perangkat smartphone 4G  yang sudah teregistrasi. Pemerintah Indonesia sendiri juga mendorong vendor lain untuk mengikuti langkah Lenovo ini jika masih mau berjualan smartphone 4G di Indonesia.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here