Lenovo Lakukan Recall ThinkPad X1 Carbon, Penyebabnya Sepele

Lenovo Lakukan Recall ThinkPad X1 Carbon, Penyebabnya Sepele

Lenovo belum lama ini secara tiba-tiba mengumumkan recall atau perbaikan karena cacat produksi pada produk ThinkPad X1 Carbon. Ini sebenarnya sangat mengejutkan mengingat ThinkPad X1 Carbon adalah salah satu notebook elit dan menjadi unggulan Lenovo untuk pasar ultrabook premium. Laptop super tipis dan ringan tersebut harus dilakukan recall karena berpotensi terbakar, apa sebabnya?

Lenovo ThinkPad X1 Carbon
Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Pabrikan asal Tiongkok ini telah mengumumkan melakukan recall terhadap ultrabook elit ThinkPad X1 Carbon yang diproduksi antara Desember 2016 hingga Oktober 2017 karena berpotensi terbakar. Penyebab recall pada laptop elit ThinkPad X1 Carbon ini agak menggelikan karena disebabkan oleh sekrup yang longgar. Sejauh ini memang Lenovo baru menerima tuga laporan kegagalan akibat masalah ini.

Lenovo mengatakan bahwa notebook ThinkPad X1 Carbon ini terdapat sekrup yang longgar dan dibiarkan terbuka saat perakitan. Hal ini terdengar sepele, tetapi jika sekrup tersebut ternyata lepas dan terhubung pada terminal dari baterai maka bisa terjadi overheat dan laptop gagal bekerja. Bahkan, hal ini berisiko menyebabkan baterai meledak.

Berdasarkan informasi yang kami terima, Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang mengalami dampak recall adalah yang menggunakan tipe mesin 20HQ, 20HR, 20K3, dan 20K4 yang diproduksi pada rentang waktu Desember 2016 hingga Oktober 2017. Lenovo mengatakan proses recall bisa dilakukan di service center.

Meski penyebab recall laptop canggih ThinkPad X1 Carbon ini sepele, tetapi risiko yang ditimbulkan sungguh tidak sepele. Komponen baterai memang komponen yang sensitif dan rawan meledak jika mengalami masalah. Terlebih desain ThinkPad X1 Carbon yang sangat tipis membuat baterai lebih mudah overheat dan mungkin mengalami masalah.

NO COMMENTS

Leave a Reply