Seri P50 yang hampir tertutup

Belum lama Intel mengumumkan jajaran prosesor terbaru mereka dengan kode penamaan “Skylake” untuk kelas desktop, kini mereka diam-diam meluncurkan prosesor baru untuk server dan prosesor tersebut sudah tersedia kabarnya. Seperti sebelumnya yang diberitakan bahwa Intel sedang menyiapkan prosesor server mereka untuk masuk ke jajaran notebook.

Dilansir dari Anandtech, produsen notebook Lenovo akan menjadi yang pertama dalam mengusung prosesor server terbaru dari Intel. Seri yang diumumkan pada acara SIGGRAPH 2015 adalah P50 dan P70. Keduanya akan dibekali prosesor dari Intel dengan seri Intel Xeon E3-1500M v5. Meski pihak Intel belum memberikan detail spesifikasi dari prosesor server terbaru mereka, Lenovo menjanjikan bahwa notebook mereka mampu ditanami RAM jenis terbaru, DDR4 hingga 64GB dengan 4 slot yang tersedia.

Seri P50 yang hampir tertutup
Seri P50 yang hampir tertutup
Desain dari P70
Desain dari P70

Pihak Lenovo mengatakan bahwa mereka menggunakan prosesor jenis Intel Xeon agar notebook mereka nantinya dapat menggunakan ram jenis ECC yang hanya bisa digunakan oleh prosesor kelas server. Untuk pengolah grafis sendiri, Lenovo akan menggandeng produk dari Nvidia Quadro, dan dibekali dengan 1TB SSD yang dapat ditambah dengan hardisk hingga 2TB.

Perbedaan keduanya hanyalah teletak pada dimensi keseluruhan dan besarnya layar yang akan digunakan. Untuk P50 akan mengusung layar seluas 15.6 inci, sedangkan P70 akan menggunakan layar 17.3 inci dan keduanya sudah menggunakan teknologi IPS.

Perbedaan keduanya
Perbedaan keduanya

Untuk masalah ketahanan baterai, Lenovo mengklaim dengan menggunakan prosesor terbaru dari Intel dengan fabrikasi 14nm ini, akan mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih lama karena pada dasarnya notebook ini digunakan untuk pekerjaan berat.

Bicara masalah harga, keduanya akan dibanderol dengan nominal yang berbeda. Untuk model P50 akan dihargai sekitar 1.599 USD atau sekitar 21 juta Rupiah dan untuk seri P70 1.999 USD yang di kurs Rupiah sekitar 27 juta, fantastis.

Berminat untuk membeli notebook workstation ini?

Via: Anandtech

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here