Salah satu model workstation lainnya yang Lenovo baru saja hadirkan bersamaan dengan model ThinkStation P920, tidak lain adalah ThinkStation P720. Berkat tambahan core prosesor yang dikolaborasikan bersama bandwidth memori, model tersebut diklaim telah mengalami peningkatan performa yang signifikan sebesar 43% dibanding generasi sebelumnya.

Meskipun terkesan minimalis dengan mesin yang lebih kecil dibanding kerabatnya saat diperkenalkan, namun di sisi olahan dapur pacunya sendiri, Lenovo ThinkStation P720 ternyata memiliki penawaran yang sama dengan apa yang dimiliki oleh ThinkStation P920 yaitu sama-sama mengandalkan prosesor Intel Xeon Platinum, Gold, Silver, atau Bronze. Selain menjalankan OS Windows 10 Pro, ThinkStation P720 ini juga telah dilengkapi dengan Ubuntu pre-loaded dan memiliki sertifikasi Redhat Linux.

Di sisi performa grafisnya, telah tersedia pilihan kartu grafis NVIDIA Quadro GP100 atau P6000 yang dapat ditempatkan pada kedua slot yang ada. Sedangkan untuk keleluasaan pengoperasiannya, juga tersedia pilihan memori RAM DDR4 2666 berkapasitas hingga 384GB, dengan ketersediaan 12 slot DIMM yang ada. Begitu pula halnya dengan penyuplai tegangan listrik (power supplay) ke perangkat yang dapat dipilihnya, yaitu PSU 690W atau 900W.

Seperti halnya ThinkStation P920, chassis pada ThinkStation P720 ini juga dapat menampung hingga 12 drive dengan sepasang drive M.2, hingga enam drive 3.5″ atau hingga sepuluh drive 2.5″, yang mendukung konfigurasi RAID 0,1,5,6, atau 10. Penggunaan motherboard berchipset Intel C621 yang ada membuat penggunanya dapat melakukan apapun yang dibutuhkannya. Tak hanya konektivitas yang disediakan oleh kuartet port USB 3.1 pada bagian depannya bersama dengan port mic dan headphone, tetapi pengguna dapat memberdayakan konektivitas pada bagian belakangnya yang mencakup empat port USB 3.1, dua port USB 2.0, port serial, port paralel, eSATA, Firewire, WiFi terintegrasi, sejumlah slot ekspansi di dalamnya dan masih banyak lagi.

Perihal harga memang belum terungkap sejauh ini, namun apabila menyinggung tentang ketersediaannya sendiri kabarnya Lenovo ThinkStation P720 juga baru akan tersedia pada bulan Oktober mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here