Layaknya kini Hewlett Packard harus merelakan sistem operasinya webOS untuk diakusisi oleh pihak LG. Sistem operasi yang pertama kali dulu dikembangkan oleh Palm ini direncanakan untuk membantu perkembangan teknologi pada jajaran Smart TV besutan LG.

Kesepakatan yang sudah dibuat oleh kedua pihak tersebut termasuk pada source code, dokumentasi, lisensi untuk semua produk yang dipatenkan dan juga tim eksperimental yang terlibat di dalamnya. Menariknya lagi, webOS ini diharapkan akan menjadi teknologi inti bagi LG yang akan merevolusi produk-produk elektroniknya nanti.

“Teknologi webOS cukup meyakinkan bagi pengalaman pengguna, dan bila dikombinasikan dengan teknologi kami sekarang maka akan membukakan jalan bagi inovasi masa depan melalui teknologi terbaru berbasis webOS,” timpal kepala bagian teknologi LG, Skott Ahn.

“WebOS dan komunitas terkait akan menjadikan platform ini terkemuka ke generasi berikutnya. Kami akan mencari peluang untuk mempercepat kehadiran platform ini ke masyarakat,” ujar COO HP, Bill Veghte.

Mengingat ketidakberhasilan pihak HP yang sebelumnya sudah mengakuisisi Palm dengan harapan menguasai pasar smartphone dan tablet beberapa tahun silam, ternyata tak membawakan hasil. Tak ingin mengulang kegagalan tersebut maka kini LG lebih memilih untuk mengembangkannya sebagai teknologi smart tv.

Akankan webOS sukses di tangan LG? Kita lihat saja nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here