Email atau electronic mail saat ini adalah menjadi alat yang sangat penting, terutama bagi Anda yang kerap berurusan dengan internet. Alih-alih menggunakan surat, dengan email pengiriman pesan bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Selain itu, email juga membuat proses pengiriman pesan menjadi lebih murah.

Namun, apakah Anda tahu tentang fakta dari email? Siapa orang yang berada di balik pengembangan email? Kenapa email harus menggunakan tanda @? Kenapa tidak tanda $ atau #?

1. Raymond S. Tomlinson, merupakan orang yang berada di balik pengembangan email. Pria yang lahir pada 2 Oktober 1941 tersebut menciptakan aplikasi email ARPANET pertama pada akhir 1971. Pada awal percobaannya, dia mencoba untuk mengirim sebuah pesan dari dua komputer yang bersebelahan. Lalu apa isi pesan email pertama tersebut? Isinya adalah “QWERTYUIOP”.

2. Pemilihan simbol @ pada email merupakan ide dari Tomlinson. Dia mengatakan ide tersebut merujuk pada bahasa Inggris. Di bahasa Inggris, simbol @ digunakan untuk menunjukkan harga satuan. Misalnya 10 item @ 2 USD, maka artinya adalah 10 item dengan harga 2 USD.

3. Hotmail bukan merupakan kreasi asli dari Microsoft. Layanan email dari Hotmail pertama kali diluncurkan pada Juli 1996 dan kemudian dibeli oleh Microsoft pada tahun 1997 dengan harga 400 juta USD. Penemu Hotmail sendiri adalah dua orang bernama Sabeer Bhatia dan Jack Smith.

4. Gmail yang merupakan layanan email terbesar di dunia saat ini diluncurkan oleh Google pada tahun 2004. Dan, Gmail juga terkenal sebagai layanan email dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

5. Spam merupakan email yang paling banyak terkirim di dunia. Dan, dari data terakhir kawasan Asia merupakan wilayah yang paling banyak menghasilkan email spam. Sedangkan negara yang dikenal sebagai produsen email spam terbanyak adalah India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here