Meski Samsung saat ini berhasil menguasai pasar smartphone dunia dengan smartphone Android miliknya, namun perusahaan asal Korea Selatan ini berambisi untuk membesarkan OS buatannya sendiri yang bernama Tizen. Setelah meluncurkan beberapa seri smartphone kelas entry-level, kini seri terbaru Samsung Z2 bakal segera menyambangi Indonesia.

Samsung-Z2_Main_1

Sebuah smartphone Samsung dengan nomor model SM-Z200F dan diproduksi di Indonesia telah resmi disertifikasi beberapa hari yang lalu oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI). Tentu jika ingin dijual secar legal di Indonesia, perangkat smartphone harus mendapat sertifikasi dari lembaga tersebut (seperti TENAA di China, FCC di AS).

Samsung Z2 yang dikenal memiliki nomor model SM-Z200F sebelumnya mendarat di lembaga Indonesia pada 22 Agustus lalu untuk evaluasi dan pengujian. Status Z2 kemarin berubah setelah selesainya pengujian dan diindikasikan untuk menunggu persetujuan.

Satu hal yang cukup mengejutkan bahwa Samsung Z2 memiliki label jika handset tersebut diproduksi di Indonesia, dan seperti yang diketahui Samsung sebelumnya memproduksi smartphone Z seriesnya di India dan negara lain. Samsung sendiri telah membuka pabrik perakitan smartphone di Jakarta, sekitar bulan Februari tahun lalu untuk membantu melayani pasar Indonesia yang tumbuh pesat.

samsung-z2-indonesia

Pabrik yang dikenal secara lokal sebagai PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) memproduksi smartphone murah untuk pasar lokal, sehingga nantinya Samsung Z2 dapat dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang jika diproduksi di negara lain.

Semua ini merupakan indikator bahwa Samsung Z2 mungkin segera diluncurkan dalam waktu dekat di Indonesia. Untuk lebih menunjang saat itu, Samsung Z2 dengan nomor model SM-Z200F / DD (SM-Z200FZKDXID, telah terdaftar di situs resmi Samsung di Indonesia mungkin dalam persiapan untuk peluncuran yang akan segera tiba.

Dikatakan bahwa huruf XID yang berada di akhir nomor model menunjukkan bahwa perangkat khusus diproduksi untuk dijual di wilayah Indonesia. Biasanya, peluncuran smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE dari seri Z akan dibanderol sekitar Rp1 jutaan. Smartphone ini mengusung layar TFT 4 inci, prosesor quad-core 1.5 GHz Cortex-A7, RAM 1 GB, ROM 8GB, kamera utama 5MP, kamera depan VGA, dan baterai 1500mAh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here