Beberapa waktu lalu, Microsoft telah menggulirkan update pada sistem operasi mobile mereka, Windows 10 Mobile. Namun pada saat itu, status sistem operasi tersebut masih pada tahap pengujian alias beta. Bahkan hingga smartphone besutan mereka sendiri, Lumia 950 dan Lumia 950 XL yang baru saja rilis dan sudah menggunakan sistem operasi terbaru itu, Windows 10 Mobile tak kunjung berubah status menjadi resmi di smartphone lawas Lumia. Hingga smartphone Windows 10 Mobile kelas entry level Lumia 550 sudah mencicipi, Lumia lawas tak kunjung mendapatkan update resmi sistem operasi tersebut.

windows-phone

Ternyata bukan tanpa alasan, dikutip dari ZDNet, Senin (21/12/2015), juru bicara Microsoft mengatakan bahwa jajaran smartphone Microsoft seri lama akan mendapatkan update Windows 10 Mobile pada awal tahun 2016 mendatang. Dipastikan bahwa jika perangkat yang mendukung Windows 8 dan 8.1 Mobile, akan dapat mencicipi sistem operasi terbaru ini. Dengan mendapatkan update sistem operasi terbaru, maka jajaran smartphone Lumia lama akan dapat menjajal fitur terbaru seperti Continuum dan Cortana.

Alasan terlambatnya update Windows 10 Mobile ke jajaran perangkat lawas Lumia ini dikarenakan karena kabarnya masih ada beberapa bug yang menganggu. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Microsoft untuk membawa Windows 10 Mobile ke perangkat Lumia lawas, namun hal ini tentunya langkah yang tepat untuk Microsoft daripada merilis dengan cepat, tapi masih banyak bug yang mengganggu.

Salah satu fitur yang dinanti di Windows 10 Mobile, Continuum
Salah satu fitur yang dinanti di Windows 10 Mobile, Continuum

Kita sudah tahu salah satu fitur yang menarik dari Windows 10 Mobile adalah Continuum. Yang mana jika perangkat Lumia bisa menjadi sebuah perangkat layaknya komputer atau laptop. Namun fitur tersebut hanya bisa dicicipi oleh perangkat Lumia seri high-end. Nah selain itu juga update Windows 10 Mobile membutuhkan perangkat Lumia dengan memori internal paling minim 8GB, karena sistem operasi terbaru ini kabarnya membutuhkan ruang sekitar 4 hingga 5GB.

(ND/ZDNet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here