Penggunaan SSD di zaman sekarang bukanlah hal mewah seperti beberapa tahun lalu. Dengan memberikan kecepatan read/write (baca/tulis) yang tinggi, menjadikan SSD sebagai solusi bagi para korporat, kalangan profesional atau gamer yang butuh transfer data tinggi. Apalagi dengan banyaknya merek yang kini kian menjamur, menjadikan SSD seakan-akan adalah kewajiban bagi para kalangan profesional dan gamer.

zotac-sonix-0

Kini ada salah satu merek ternama yang juga ikut andil dalam pasar SSD, yaitu Zotac. Merek ini sebelumnya dikenal oleh kalangan gamer sebagai salah satu vendor kartu grafis dari Nvidia dan juga mini PC ZBOX-nya. Dilansir dari Hexus, Minggu (28/2/2016), Zotac akhirnya memperkenalkan SSD pertamanya yang berbasiskan slot PCI Express, SONIX.

Seperti jajaran SSD PCI Express lainnya, SSD SONIX ini diklaim oleh Zotac mampu memberikan kecepatan baca/tulis 4x lebih cepat dari SSD yang menggunakan slot SATA III. Menariknya adalah, Zotac SONIX ini juga telah mengusung standar NVMe, dengan menggunakan slot PCI Express 3.0 x4. Zotac mengatakan bahwa hal tersebutlah yang menjadikan SONIX mampu menembus kecepatan baca hingga 2,6GB/s dan kecepatan tulis 1,3GB/s.

zotac-sonix-02

Berbekal NAND Flash dari Toshiba, SONIX juga dilengkapi dengan controller dari Phison E7. Dengan jeroan yang bisa dibilang mumpuni, Zotac juga mengatakan bahwa SSD ini memiliki umur yang panjang. Tidak ketinggalan juga SSD SONIX ini memiliki chache 512MB DDR3.

Untuk saat ini, Zotac SONIX hanya tersedia dalam ukuran 480GB saja. Zotac mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini bakal ada varian ukuran lain dari SSD ini. Sayangnya, untuk harganya Zotac masih merahasiakannya. Butuh SSD super cepat? SONIX mungkin bisa jadi jawabannya.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here