Kenapa harus bersusah payah membuat rancangan tampilan obyek 3D sedangkan di sisi yang lain kini ada perangkat scanner khusus yang diperuntukkan buat hal itu.

Ya bagaimana tidak, baru-baru ini kabarnya bakal segera hadir perangkat scanner 3D khusus bermerek Markerbot Digitizer yang ditujukan untuk membuat file rancangan 3D yang di dasarkan pada hasil scan obyek fisik yang diinginkan secara lebih mudah dan cepat tentunya.

Dengan platform bergaya meja putar (turntable-style) yang diusungnya, membuat scanner 3D terbaru ini dapat menampung benda-benda (obyek) berukuran hingga 8×8 inci (20,3 cm), dan berat tidak lebih dari 3 kg. Sedangkan untuk memperoleh hasil rancangan 3D terbaiknya, obyek yang berputar pada platform akan discan semua sisi permukaan luarnya melalui kamera dan kedua laser secara bersama-sama.

Setidaknya butuh waktu hanya beberapa menit dan hanya dua klik saja, detail file rancangan 3D dari obyek yang dikehendaki secara otomatis dibuat. Dan apabila ingin membuat obyek duplikat fisik dari model yang ada, juga telah tersedia Markerbot Replikator sebagai pembuatnya.

Pada dasarnya tidak ada keterampilan desain atau pengetahuan pemodelan perangkat lunak khusus yang diperlukan untuk menggunakan perangkat. Namun seandainya Anda ingin memodifikasi file dengan cara apapun, maka dalam hal ini Anda akan perlu setidaknya kemahiran sedikit dengan penggunaan program CAD dan lain sebagainya.

Meskipun baru secara resmi dipasarkan sekitar bulan Oktober mendatang, Markerbot Digitizer ini kabarnya kini dapat mulai dipesan (pre-order) dengan banderol harga 1.400 USD atau setara 15,18 jutaan rupiah (dengan termasuk opsional paket bantuan senilai 150 USD atau setara 1,6 jutaan rupiah yang juga dapat dibeli).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here