Melalui Chief Executive Bre Pettis pada ajang CES 2014 yang lalu, MakerBot telah unjuk gigi dengan kembali menghadirkan jajaran printer 3D generasi ke-5 unggulan terbarunya yang salah satu diantaranya adalah MakerBot Replicator Desktop generasi ke 5.

Makerbot-Replicator-Desktop-5th-gen

Sanggup menghadirkan volume pencetakan 11% lebih besar dan akselerasi lebih cepat ketimbang Replicator 2 sebelumnya, printer 3D berukuran 25.2×19.9×15.0 (cm) dan bobot 16 kg ini telah didukung sepenuhnya dengan resolusi layer 100 micron dengan antarmuka LCD 3.5 inci dan juga bisa terhubung ke aplikasi desktop dan mobile MakerBot terbaru melalui USB, kabel Ethernet atau konektivitas Wifi.

Selain keberadaan kamera untuk memonitoring cetakan, Replicator Desktop 5th Gen ini juga telah dilengkapi dengan fitur Smart Extruder untuk mendeteksi keberadaan filament dan secara otomatis sanggup menghentikan sementara (pause) berlangsungnya proses pencetakan saat itu juga.

Menawarkan kolaborasi bersama aplikasi layanan Cloud, MakerBot Replicator Desktop ini kompatibel dengan minimal platform WINDOWS 7, MAC OS X 10.7, dan LINUX UBUNTU 12.04. Tak hanya itu saja, printer 3D MakerBot ini kini telah dipasarkan langsung melalui situs web resminya seharga 2.899 USD (± 34,9 jutaan rupiah) per unitnya.