Guna memaksimalkan hasil replika cetakan 3D yang lebih maksimal bagi penggunanya, MakerBot tampaknya juga menghadirkan model printer 3D Replicator Z18 dalam ajang pameran  CES 2014 di Las Vegas pekan yang lalu.

Makerbot-Replicator-Z18-5th-gen

Hadir dengan ukuran perangkat yang lebih besar ketimbang kedua model lainnya, printer 3D MakerBot Replicator Z18 ini sanggup menghadirkan kapasitas volume cetakan sekitar 42.475 cm³ dengan dukungan resolusi layer 100 micron yang dapat senantiasa dimonitoring melalui antarmuka LCD 3.5 inci yang ada. Tak hanya itu saja, printer 3D ini juga dapat mencetak beberapa model sekaligus sehingga membuatnya cocok untuk prototyping ataupun produksi yang lebih serius.

Selain mengandalkan jalur konektivitas Wifi, ethernet dan USB, printer 3D Z18 ini juga didukung oleh Smart Extruder, kamera on-board, aplikasi layanan cloud, MakerCare Service dan masih banyak lagi.

Memiliki kompatibilitas terhadap platform Windows, Mac OS X dan Linux, printer 3D generasi ke-5 yang bakal dirilis pada musim semi tahun ini dibanderol seharga 6.499 USD atau sekitar 78,3 jutaan rupiah per unitnya.