Siapa sangka, sebuah headphone sederhana ternyata bisa digunakan oleh seorang hacker untuk melakukan aktivitas memata-matai. Hal ini dibuktikan oleh seorang peneliti keamanan internet asal Universitas Ben Gurion Israel. Dalam penelitian yang mereka lakukan, sebuah headphone bisa diubah fungsinya menjadi mikrofon dengan menggunakan sebuah malware yang disebut dengan nama Speak(a)r.

headphone

Malware ini memiliki kemampuan untuk mengubah vibrasi yang muncul akibat suara menjadi sebuah sinyal elektromagnetik. Langkah selanjutnya, malware ini juga dapat menipu kanal output pada chip audio sehingga berubah fungsi menjadi kanal input. Menurut catatan dari Wired, hal ini sangat memungkinkan karena adanya fitur chip audio codec Realtek.

Dengan kemampuan tersebut, sebuah headphone akan bisa bekerja selayaknya mikrofon. Dan tentu saja, hacker yang berhasil menanamkan malware ini akan bisa dengan mudah mendengar segala jenis percakapan yang terjadi di sekitar headphone tersebut. Dan, hampir sebagian besar pengguna komputer di seluruh dunia rawan menjadi korban malware ini.

Sebagaimana diketahui, mayoritas komputer baik berbasis Mac atau Windows menggunakan chip audio dari Realtek. Kabar buruknya, karena celah ini berada pada chip, maka tidak akan ada update software yang bisa digunakan untuk memperbaikinya. Sebagai langkah preventif, pengguna PC bisa menjauhkan diri dari headphone, setidaknya 6 meter saat terlibat dalam sebuah pembicaraan penting. Atau, bisa pula memilih untuk mencabut headphone.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here