Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang terkemuka saat ini, dengan mencakup hampir semua platform. Brendan Eich, salah satu pelopor suksesnya web browser tersebut sempat hengkang dari Mozilla karena kisruh yang terjadi pada tahun 2014 lalau.

Brave

Kini eks Firefox itu kembali dengan startup barunya yang bernama Brave Software.  Eich sangat berperan penting pada perkembangan dunia Browser, karena ia merupakan pengembang pertama Java Script. Kali ini Eich datang dengan browser baru yang diklaim dapat memberikan pengalaman berselancar di dunia internet lebih cepat dan menjanjikan pengguna terhindar dari iklan yang menggangu.

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali iklan-iklan yang menggangu pada laman-laman tertentu. Hal itu tentu sangat menjengkelkan dan mengganggu kenyamanan pengguna internet. Brave Software datang dengan teknologi yang dapat menyaring iklan-iklan berbahaya. Dengan bantuan 10 orang yang telah ahli di bidangnya masing-masing, Eich melalui startup-nya berkomitmen membebaskan pengguna dari serangan iklan berbahaya.

Pada tanggal 20 Januari lalu, startup yang berbasis di San Francisco itu telah meluncurkan versi percobaan browser Brave. Browser ini akan berjalan baik pada platform Windows, OS X, Linux, Android dan iOS. Jika pada browser konvensional kita membutuhkan ad-block untuk memblokir iklan-iklan yang menganggu, pada Brave browser dilengkapi built-in ad-block yang lebih cerdas.

Saat ini terdapat permainan teknologi iklan yang disebut “Malvertising”, teknologi iklan tersebut dapat menginstal malware di perangkat yang Anda gunakan tanpa sepengetahuan Anda. Selain itu, teknologi tersebut juga mengumpulkan data-data pribadi pengguna. Browser Brave melindungi perangkat Anda dari ancaman seperti itu serta melarang iklan-iklan berbahaya mengumpulkan data pribadi Anda.

Brave browser akan menyaring iklan-iklan dan menepatkan mereka pada posisi dan ukuran tertentu yang tidak menganggu pengguna.

Ide dari Brave browser ini adalah berbagi pendapatan dari iklan dengan penerbit web. Namun mengingat teknologi yang digunakan pada Brave browser, dirasa sangat sulit menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan pada penerbit web, kecuali Brave menjadi browser populer yang menjadi kebutuhan banyak orang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here