Yahoo nampaknya tengah melakukan pembicaraan serius dengan Apple. Menurut sebuah sumber, CEO Yahoo Marissa Mayer menginginkan agar perusahaannya menjadi search engine default di perangkat iOS.

marissa mayer yahoo

Menurut sumber tersebut, mantan pegawai Google itu pun sudah berusaha untuk mendekati beberapa pejabat eksekutif Apple. Bahkan dia juga kabarnya telah melakukan pembicaraan dengan SVP Design Apple, Jony Ive. Dan jika rencana ini berjalan mulus, maka Yahoo akan menggantikan Google sebagai mesin pencari default.

Meski begitu, bukan berarti pembicaraan antara Yahoo dengan Apple berjalan dengan lancar. Kemungkinan besar terjadi ganjalan mengenai imbalan yang harus diberikan oleh Yahoo. Saat ini, untuk bisa menjadi search engine default, Google rela membayar uang senilai 1 miliar USD per tahun kepada Apple.

Saat ini, Yahoo merupakan pihak yang menyediakan informasi untuk aplikasi cuaca di iPhone. Dan tak menutup kemungkinan kalau kerjasama antara kedua perusahaan ini pun semakin bertambah.

Namun kemungkinan mengenai penggantian Google oleh Yahoo di iOS tersebut dibantah oleh Pejabat Eksekutif Apple bidang Software dan Services Eddy Cue. Dia mengatakan kalau Google masih akan menjadi search engine default di iOS, kecuali jika ada aplikasi lainnya yang memiliki kualitas setara.

via Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here