Satu lagi model processor mobile terbaru bernama Marvell PXA1088, besutan salah satu pabrikan chip terkemuka yang berbasis di Santa Clara yaitu Marvell Technology, dikabarkan baru saja telah resmi dirilis.

Dengan mengintegrasikan aplikasi quad core dengan System on Chip (SoC) komunikasi mobile, Marvell PXA1088 ini mampu memberikan performa tinggi, komputasi mobile berdaya listrik rendah, dukungan terhadap semua standar broadband global, kemampuan roaming global yang mulus, dan teknologi konektivitas nirkabel terbaru. Selain itu, Marvell PXA1088 ini juga sebagai salah satu solusi chip tunggal modern yang mampu menghadirkan processor quad core dengan dukungan modem selular 3G di dalamnya yang meliputi High Speed Packet Access Plus (HSPA+), Time division High Speed Packet Access Plus (TD-HSPA+) dan Enhanced Data for GSM Environment (EDGE).

Solusi yang ditawarkan berupa penggabungan performa quad-core ARM Cortex-A7 dengan keberadaan teknologi modem WCDMA dan TD-SCDMA besutan Marvell untuk ketersediaan sebuah platform 3G berbiaya rendah yang diperuntukkan bagi perangkat smartphone dan tablet. Hal ini tentunya menjadi salah satu terobosan maju bagi kemampuan multimedia dan gaming terhadap konektivitas universal yang ada. Solusi platform mobile lengkap Marvell ini meliputi AvastarĀ® 88W8777 WLAN + Bluetooth 4.0 + SoC chip tunggal FM dan L2000 GNSS Hybrid Location Processor, dan manajemen daya dan audio codec IC yang terintegrasi.

Marvell PXA1088 ini kompatibel dengan platform chip tunggal dual core berkemampuan 3G seperti Marvell PXA988/PXA986. Maka dengan begitu, perangkat mobile generasi berikutnya kemungkinan dapat diupgrade ke quad-core tanpa harus mengeluarkan biaya desain tambahan.

Berikut adalah fitur Marvell PXA1088 lainnya:

  • dukungan terhadap WCDMA Release 7, TD-SCDMA HSPA+ Release 8, dan class 12 EDGE
  • stack protokol 3G yang tersertifikasi di semua jaringan operator utama dan divalidasi melalui IOT yang luas, GCF dan pengujian lapangan trail
  • dukungan terhadap sistem operasi full-feature dan tool pengembangan standar industri yang populer
  • platform multi-radio berkemampuan solusi WLAN/Bluetooth
  • manajemen daya dan audio Codec IC yang terintegrasi
  • mesin grafis performa tinggi bagi OpenGL ES 2.0 dan 1.1, serta OpenVG 1.1
  • hardware 1080p decoder dan 1080p encoder
  • menawarkan opsi memori stack paket standar 12mm x 12mm JEDEC atau opsi paket diskrit
  • mendukung Android OS terbaru

Marvell PXA1088 ini kabarnya dijadwalkan hadir di Mobile World Congress 2013. Sedangkan untuk model produk yang didasarkan pada platform ini diharapkan akan tersedia pada tahun 2013 ini juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here