Bagi Anda yang sudah terlalu nyaman dengan pengaturan komputer lawas, mungkin enggan menggantinya. Terlebih pada sistem operasi yang digunakan, sempat terpikir ingin menggunakan sistem operasi yang paling baru, namun tidak ada waktu lagi baik untuk memasangnya kembali dan harus mengingat kembali software apa saja yang pernah dipasang pada sistem operasi lawas. Apalagi bagi Anda yang harus berhadapan dengan tampilan antarmuka yang bisa dibilang baru, sehingga perlu adaptasi kembali.

win-xp-virus

Namun penggunaan sistem opeasi lawas biasanya sudah minim sekali dukungan pembaruannya, apalagi di sisi keamanan. Sama hal nya dengan virus dan malware komputer, yang tiap waktu terus berkembang dengan canggih seiring majunya teknologi terkini, sehingga sangat rentan bagi komputer dengan sistem operasi lawas untuk terserang virus.

Seperti yang dialami oleh salah satu rumah sakit di Australia, Royal Melbourne Hospital, meski telah dilengkapi dengan alat-alat yang canggih, ternyata komputer yang digunakan pada rumah sakit tersebut masih menggunakan sistem operasi dari Microsoft, Windows XP. Seperti yang diberitakan oleh fossBytes, Kamis (21/1/2016), dikatakan bahwa komputer pada rumah sakit tersebut terserang virus, lantaran masih menggunakan sistem operasi Windows XP.

Sistem operasi Windows XP yang masih digunakan Royal Melbourne Hospital
Sistem operasi Windows XP yang masih digunakan Royal Melbourne Hospital

Imbasnya, hampir seluruh peralatan yang terhubung dengan perangkat komputer lumpuh, karena tidak dapat dikendalikan oleh komputer yang telah terinfeksi virus tersebut. Tidak hanya itu saja, komputer bagian administrasi yang berisikan daftar pasien pun juga terserang, sehingga karyawan rumah sakit tersebut harus mencatat laporan secara manual alias tulis tangan.

Untuk menjaga keadaan tetap tenang, pihak rumah sakit memberikan klarifikasi bahwa pihaknya telah berupaya sangat keras. Mereka juga mengatakan tim IT kami tanpa lelah telah memperbaiki seluruh komputer yang terjangkit, sehingga untuk proses operasi dan penanganan yang lain telah berjalan normal, hanya tersisa sedikit yang belum terselesaikan.

Bagaimana, masih setia tetap memakai sistem opeerasi lawas? Buruan upgrade ke yang baru agar terhindar dari virus dan malware.

(ND/fossBytes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here