Saat ini prosesor mobile sudah didesain dengan jumlah core yang semakin banyak. Bahkan MediaTek telah meluncurkan chip prosesor mobile yang mempunyai 10 core. Namun tren tersebut ternyata tidak diikuti oleh Qualcomm yang kini dikenal sebagai salah satu raksasa produsen chip prosesor mobile dunia.

Produk chip prosesor terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 820 bakal hanya dilengkapi dengan empat core. Jumlah inti yang dimiliki oleh prosesor ini pun bakal lebih sedikit jika dibandingkan dengan pendahulunya, Qualcomm Snapdragon 810. Meski begitu, performa Snapdragon 820 dijanjikan bakal lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 810.

qualcomm_snapdragon

Pihak Qualcomm pun nampaknya belajar dari pengalaman dalam membangun prosesor Snapdragon 810. Seperti diketahui, prosesor tersebut terkendalam masalah overheat yang tak kunjung selesai. Alhasil tingkat pemakaian Snapdragon 810 pun cukup rendah.

Di Snapdragon 820, mereka pun memilih untuk meningkatkan kualitas serta user experience dibandingkan pada penambahan jumlah inti prosesor. Penggunaan core custom Kyro milik Qualcomm pun bisa memberikan optimasi performa serta efisiensi. Berkat core Kyro pulalah, Snapdragon 820 bisa mengerjakan tugas berat meski punya core yang lebih sedikit.

Pihak Qualcomm seperti dikutip dari Gizmochina mengungkapkan kalau penggunaan jumlah core berperforma tinggi dalam jumlah sedikit lebih bagus jika dibandingkan memakai core berkualitas rendah dalam jumlah banyak. Di waktu yang bersamaan, mereka juga menjanjikan teknologi baru seperti Hexagon DSP yang meningkatkan kualitas user experience yang merupakan target utama dari Qualcomm.

Prosesor Snapdragon 820 kemungkinan bakal hadir dengan modem X12 LTE baru serta quad core prosesor 64-bit berkecepatan 2,2Ghz serta GPU Adreno terbaru yang dilengkapi dengan Adreno Display Processor dan Adreno Video Processor. Tak lupa, chip ini juga bakal dilengkapi dengan teknologi fast charging terbaru Quick Charge 3.0 yang menjanjikan pengisian 80 persen baterai dalam waktu hanya 35 menit.

(BHK/Gizmochina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here