Berdasarkan laporan yang diterima dari Jackdaw Research, pertumbuhan bisnis Samsung telah merosot dalam beberapa waktu terakhir. Jika tren negatif ini terus memburuk, Samsung bakal kehilangan pamor sebagai produsen smartphone Android ternama. Dulu Samsung memang merajalela bahkan pertumbuhannya dari tahun ke tahun pernah menyentuh angka 90%.

Jackdaw Research pun membeberkan sebuah grafik yang memperlihatkan adanya penurunan tingkat penjualan smartphone Samsung. Dalam grafik tersebut, mereka mengungkapkan kalau pada kuartal kedua tahun 2014 ini, terdapat penurunan sebesar 30 persen dalam penjualan smartphone Samsung.

samsung grafik

Faktor persaingan yang cukup ketat menjadi masalah besar bagi perusahaan asal Korea ini. Kita bisa melihat bagaimana kemarin saja Xiaomi berhasil menggeser Samsung dari posisi pertama smarthphone di China. Belum lagi ada smartphone LG G3 dan HTC One (M8) yang semakin menambah berat persaingan.

Untung saja Samsung masih mempunyai dua produk andalan yang diharapkan bisa mengangkat performa perusahaan yang berpusat di Seoul ini, Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy Alpha. Menarik untuk melihat bagaimana strategi khusus yang akan Samsung lakukan dalam menghadapi tekanan dari berbagai smartphone lain, baik smartphone low-end maupun high-end.

via BGR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here