Keberadaan smartphone saat ini benar-benar mengubah gaya hidup masyarakat. Tak terkecuali pola hidup masyarakat di Indonesia. Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Lembaga riset GFK, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya di depan smartphone rata-rata sebayak 5,5 jam per hari.

pengguna smartphone

Menurut data GFK, pengguna internet di Indonesia saat ini memang cukup didominasi oleh para pemilik perangkat mobile. Bahkan pengguna smartphone mempunyai porsi sebanyak 93 persen dari seluruh pengguna internet di tanah air. Angka ini pun jauh meninggalkan prosentase pengguna internet melalui perangkat desktop ataupun tablet.

Secara khusus, tingkat penggunaan smartphone memang sangat tinggi di tanah air. Hal ini merujuk pada jumlah penjualan ponsel pintar yang kini melebihi angka penjualan ponsel biasa. Seperti dikutip dari Kompas Tekno, angka penjualan smartphone mencapai 33 juta unit. Sementara angka penjualan ponsel biasa berada di kisaran 20 juta unit. Dan kegiatan para pengguna smartphone di Indonesia ini pun cukup beragam. Mengingat saat ini smartphone memang bisa digunakan untuk berbagai jenis aktivitas.

GFK juga menengarai kalau pengguna internet di Indonesia juga memiliki aktivitas yang berbeda sesuai dengan usianya. Misalnya, mereka yang berusia antara 13 hingga 22 tahun lebih banyak mengakses konten hiburan, hobi, fashion serta kecantikan. Sementara itu rentang usia 23-32 tahun, banyak yang mengakses konten bisnis, ekonomi, traveling serta hobi. Menariknya, di kisaran usia 32-42 tahun, masyarakat banyak yang mengakses konten religi dan sosial.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here