Perkembangan chipset mobile di segmen high-end tampaknya semakin memanas. Ketika Qualcomm lebih akrab dengan Samsung untuk memproduksi chipset Snapdragon 835 dengan proses 10nm, sang rival MediaTek kini dekat dengan TSMC untuk menguji coba chipset terbaru mereka yang akan menggunakan proses 7nm dengan jumlah core mencapai 12.

MediaTek-12-core

Tentu dengan semakin kecil ukuran proses yang digunakan, akan semakin menambah efisiensi daya yang digunakan serta mampu menghadirkan performa yang handal. Penggunaan jumlah core yang mencapai 12 juga merupakan peningkatan yang masuk akal, karena MediaTek sudah menggunakan prosesor 10-core sejak tahun 2015.

Namun apakah penggunaan jumlah core yang tinggi benar-benar mampu menghasilkan performa yang handal? Banyak yang menilai langkah MediaTek menghadirkan prosesor dengan jumlah core banyak merupakan gimmick saja, mengingat prosesor Snapdragon 821 milik Qualcomm hanya memiliki jumlah core 4 namun memiliki performa yang tinggi dan masih layak digunakan untuk beberapa tahun kedepan.

Dari keduanya, baik TSMC maupun Samsung disebut-sebut siap memproduksi secara massal prosesor terbaru mereka yang menggunakan proses 7nm pada semester pertama tahun depan. Tentu jika berita itu benar, maka kita bisa berharap smartphone Galaxy S9 tahun depan bakal hadir dengan prosesor 7nm.

Saat ini MediaTek tengah sibuk dengan chipset 10nm Helio X30 miliknya yang dijadwalkan siap diusung smaratphone terjangkau buatan produsen Tiongkok pada kuartal kedua tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here