MediaTek Klaim Chipset Helio X30 Ditujukan Untuk Para Gamers

MediaTek Klaim Chipset Helio X30 Ditujukan Untuk Para Gamers

BeritaTeknologi.com

MediaTek telah lama mengumumkan chipset flagship miliknya, yakni Helio X30. Smartphone pertama yang akan mengusung chipset tersebut telah dikonfirmasi, yakni Meizu Pro 7. Karena sebagai chipset flagship, MediaTek telah membekali chipset ini dengan berbagai fitur utama agar dapat bekerja secara optimal.

Seperti yang dilaporkan Gizmochina, menurut sebuah posting dari akun Weibo milik Meizu, chipset terbaru yang dibangun dengan proses 10nm tersebut dihadirkan untuk keperluan gaming. Ya, menurut MediaTek, chipset Helio X30 telah mendukung RAM LPDDR4X. Kelebihan dari LPDDR4X, yakni memungkinkan penggunaan memori dengan clockspeed yang lebih tinggi, namun dengan daya yang lebih rendah.

Helio-X30

Standar memori yang baru ini memiliki pengurangan voltase 40% (1.1V sampai 0.6V) yang memungkinkan data dikirim dan diterima pada kecepatan yang lebih baik, dan hanya memerlukan sedikit daya. Hal ini tentu akan semakin membuat daya lebih efisien, dan memeberikan waktu penggunaan yang lebih lama dalam sekali charge. Terlebih chipset 10nm juga dikenal lebih hemat daya dibandingkan chpiset 14nm.

Helio-X30-for-gamers

Chipset Helio X30 ini juga telah mendukung penyimpanan UFS 2.0 dan UFS 2.1 yang lebih cepat. Seperti yang kita ketauhi, jenis penyimpanan ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan eMMC pada smartphone konvensional. Chipset 10nm ini memiliki CPU deca-core (10-core) dengan clock-speed tertinggi 2.5GHz. Chipset ini mengandalkan GPU PowerVR 7XTP-MT4 sebagai pengolah grafisnya.

Dengan hardware seperti itu, tentu saja perangkat yang mengusung chipset ini tidak akan menemui kendala dalam menjalankan game berat sekalipun. Bahkan akun Weibo resmi milik Meizu mengutip pernyataan yang jika diterjemahkan menjadi fokus pada “gamers”.

NO COMMENTS

Leave a Reply