MediaTek merupakan produsen system on chip yang sangat banyak digunakan di ponsel maupun tablet produksi Cina, termasuk Lenovo. Kali ini MediaTek meluncurkan chip SoC baru quad core bernama MT6589 yang bakal sudah digunakan oleh perangkat mobile di awal tahun 2013. Walau prosesor MediaTek sepertinya kurang terkenal di Indonesia, tapi sebenarnya produsen ponsel atau tablet “lokal” banyak menggunakan prosesor buatan mereka.

Namun walau quad core, menurut Engadget SoC MediaTek ini belum bisa mengalahkan NVIDIA Tegra 3, Samsung Exynos, atau chip quad core Qualcomm S4. Hanya saja memang hasilnya tidak begitu mengecewakan, terutama karena harga dari Mediatek MT6589 yang pasti ditawarkan lebih murah dan karenanya pasti akan banyak digunakan oleh smartphone Android kategori high end dengan harga yang terjangkau.

Mediatek MT6589 merupakan chip quad core berbasis desain ARM Cortex-A7 yang akan mendukung 802.11n WiFi, Bluetooth 4.0, GPSS, FM radio, serta jaringan HSPA+ bahkan model LTE katanya juga akan muncul tahun 2013.

Untuk GPU, MediaTek menggunakan PowerVR Series5XT GPU dari Imagination Technologies dan chip Mediatek MT6589 dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 28 nm.

Sesuai tuntutan pasar Asia terutama di Cina sendiri, Mediatek MT6589 merupakan platform smartphone HSPA+ pertama yang mendukung mode dual-SIM, dual-active.

MT6589 mendukung playback video 1080p 30fps/30fps maupun recording, serta mendukung kamera 13-megapixel dengan integrated ISP, dan mendukung LCD sampai┬áresolusi FULLHD (1920 by 1080) , bahkan juga mendukung enhanced picture processing untuk DTV-grade image quality.┬áTambahan MT6589 juga mendukung MediaTek’s “Cool 3D” suite, yang memungkinkan kamera dan display stereo 3D, real-time 2D-to-3D conversion dan optimal 3D user interface.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here