You are currently viewing MediaTek Resmi Luncurkan Prosesor True Octa Core Pertama di Dunia MT6592

Secara nama, MediaTek boleh saja kalah populer dibandingkan dengan Samsung ataupun Qualcomm. Tapi perusahaan asal Taiwan ini tidak mau ketinggalan dalam hal inovasi. Hal itupun mereka buktikan dengan meluncurkan prosesor true octa core pertama di dunia, MT6592.

Prosesor octa core ini pun berbeda dengan Exynos 5 yang menggunakan arsitektur big.LITTLE. MT6592 memiliki kemampuan untuk menjalankan ke-delapan prosesornya secara bersamaan. Alhasil, hal itupun meningkatkan performa smartphone, mempermulus ketika browsing ataupun bermain game dan tentu saja meningkatkan konsumsi power pada baterai.

Pihak MediaTek mengungkapkan bahwa delapan core yang bekerja secara bersamaan tersebut tidak mengakibatkan overheat. Prosesor dari MediaTek ini mempunyai kecepatan dari 1.7GHz hingga 2GHz. Dengan prosesor ini, pemilik smartphone tidak perlu khawatir untuk bermain lama-lama dengan gadget miliknya. Namun tentunya hal ini perlu dibuktikan secara nyata oleh MediaTek.

Prosesor octa core Exynos 5 sendiri memiliki cara kerja yang berbeda dengan prosesor ini. Prosesor Exynos tersebut terdiri dari empat core A7 dan empat core A15. Kedua jenis core tersebut pun bekerja secara bergantian bergantung tugas yang dilakukan.

via Phonearena

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply