Seperti yang diharapkan pada laporan-laporan sebelumnya, MediaTek akhirnya mengumumkan dua chipset baru untuk segmen mid-range, yakni Helio P23 dan Helio P30 yang akan mulai tersedia pada kuartal keempat tahun ini. Namun persediaan awal kedua chipset tersebut terbatas di Tiongkok, yang kemudian dipasok secara global.

Kedua chipset sama-sama mengusung prosesor octa-core dengan arsitektur Cortex-A53, yang memang terlihat cukup tua untuk tahun 2017 ini, terutama untuk segmen mid-range. Kedua chipset tersebut merupakan upgrade dari Helio P20 dan P25, namun hanya membawa beberapa fitur baru dan blok IP yang lebih baik.

Kedua chipset tersebut memiliki prosesor octa-core dengan core tertinggi berkecepatan 2.3GHz, sementara untuk cluster tugas ringan hanya sebatas 1.65GHz. Kabar baiknya bahwa kedua chipset baru tersebut kini dilengkapi dengan kartu grafis Mali-G71 yang tentunya lebih kuat, ketimbang GPU Mali-T880 yang diusung oleh Helio P20 dan P25.

Di antara banyak perbaikan yang ditambahkan ke chipset terbaru, salah satu tambahan yang cukup menarik adalah kemampuan encoding HEVC untuk Helio P30, serta dukungan untuk kamera 16MP + 16MP (single 25MP). Sementara Helio P23 masih mempertahankan dukungan kamera 13MP + 13MP (single 24MP).

Peningkatan penting lainnya adalah tambahan dukungan dual VoLTE, dimana hal tersebut memungkinkan kedua SIM di smartphone akan dapat terhubung melalui LTE dan menawarkan suara berkualitas tinggi. Sayangnya kedua chipset ini masih dibangun dengan proses manufaktur 16nm TSMC, sehingga tidak ada peningkatan pada proses manufakatur chipset.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here