Tak hanya Qualcomm yang memperkenalkan chipset kelas menengah Snapdragon 675 untuk gaming, baru-baru ini MediaTek juga memperkenalkan chipset kelas menengah miliknya yang bernama Helio P70. Chipset tersebut merupakan versi yang lebih cepat dari Helio P60 dan chipset ini membawa kemampuan AI dengan platform baru yang lebih halus.

Chipset Helio P70 menjanjikan peningkatan 10-30% dalam tugas AI dan peningkatan 13% pada tugas-tugas umum. Selain itu, tidak banyak perubahan dibandingkan dengan Helio P60. Chipset ini dibangun dengan proses 12nm yang sama dengan pendahulunya, namun chipset ini memiliki CPU dan GPU dengan clockspeed yang lebih tinggi.

Untuk prosesornya, chipset ini dibeklai dengan empat core besar, yakni Cortex-A73 yang sekarang memiliki clockspeed 2.1GHz. Sementara itu, GPU MP3 Mali-G72 sekarang memiliki clockspeed di 900MHz. Chipset ini diklaim dapat mengurangi penggunaan daya hingga 35% pada beberapa game populer dibandingkan dengan Helio P60, meskipun kinerja sedang menurun. Ada juga teknologi Energy Aware Scheduling +yang dapat menurunkan suhu operasi hingga 4,5° C.

Chipset ini memiliki hardware untuk melakukan peningkatan pada efek kamera. Bokeh diberikan pada 24fps, peningkatan kinerja 3x. Ini memiliki hardware warping engine untuk stabilisasi gambar elektronik daya rendah. Selain itu, Helio P70 memiliki tiga ISP yang dapat menangani kamera dual 24 + 16MP atau kamera 32MP tunggal.

Selain itu, chipset ini mendukung hingga 8GB RAM LPDDR4X (1,800MHz) dan dapat menggunakan penyimpanan UFS 2.1 atau eMMC 5.1. Sementara modem built-in mendukung dua SIM, VoLTE dan Band 71 (600MHz).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here