Sejauh ini sudah beberapa kali muncul bocoran dan rumor tentang chipset Qualcomm Snapdragon 855 alias Snapdragon 8150. Baru-baru ini juga telah muncul laporan bahwa perangkat baru milik Meizu akan menggunakan Snapdragon 855 pada bulan Desember mendatang.

Snapdragon 855 yang dibangun dengan proses 7nm ini telah disebut-sebut bakal rilis bersama dengan Galaxy S10 pada awal tahun depan dengan dukungan 5G. Chipset baru tersebut juga akan bersaing secara langsung dengan SoC Kirin 980 buatan Huawei yang memiliki dua NPU dan dukungan 5G juga. Selain itu, Apple juga memiliki A12 yang dibangun dengan proses 7nm dan sudah digunakan pada iPhone 2018. Sementara Samsung juga menyiapkan Exynos 9820 yang dibangun dengan proses 8nm.

Baru-baru ini salah satu pengguna Weibo telah memposting bocoran bahwa Meizu akan debut dengan chipset Snapdragon 8150. Smartphone flagship dari Meizu itu akan mengusung desain yang mirip dengan desain Meizu 16. Hanya saja, pada bagian frame akan diganti dengan stainless steel yang lebih premium. Selain itu, tidak akan ada perubahan yang signifikan daripada beberapa tweak dalam desain Meizu 16.

Jika laporan itu benar, maka bisa saja smartphone tersebut akan menajdi Meizu 16s atau perangkat lainnya yang akan menjadi daya tarik di antara pembeli, dan itu akan membantu mereka untuk mendapatkan penjualan yang baik. Namun, ada banyak ilusi tentang Snapdragon 855, tetapi kita harus menunggu satu bulan lagi sebelum kita membandingkannya dengan pesaing seperti Apple A12, kirin 980 dan Exynos 9820 yang baru saja diluncurkan.

Menurut bocoran yang telah beredar sejauh ini, Qualcomm Snapdragon 855 akan terdiri dari tiga-cluster CPU, dan cluster core dirancang mirip dengan Kirin 980 dan Exynos 9820. Selanjutnya, akan ada dua core super besar, dua yang besar dan yang terakhir akan menjadi core kecil. Ini akan datang dengan modem Snapdragon X24 4G LTE (2GBps). Meskipun, ada rumor yang juga mengarah ke kemampuan 5G-nya. Bagaimanapun, kita harus menunggu Qualcomm mengumumkan chipset tersebut untuk mengetahui detailnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here