Sebelumnya kami telah melaporkan bahwa produsen chipset asal Taiwan, MediaTek tengah menggarap chipset mid-range baru yang bernama Helio P40. Tidak seperti chipset MTK lain yang memiliki banyak jumlah core, pada Helio P40 ini jumlah core dikurangi menjadi hexa-core (6-Core). Bahkan chipset baru akan dibangun dengan proses manufaktur 12nm TSMC. Tentu MediaTek berusaha untuk menawarkan chipset baru ke vendor smartphone.

Seperti yang dilaporkan Gizmochina, salah satu pengguna Weibo mengatakan jika MediaTek telah mengirimkan sampel chipset ke pelanggan untuk pengujian dan pelanggan pertama yang tertarik dengan chipset Helio P40 adalah Meizu. Untuk ketersediaan chipset dikatakan akan tiba pada kuartal pertama 2018.

Meizu sendiri memang dikenal kerap menggunakan chipset dari MediaTek karena sebagian besar smartphone Meizu hadir dengan chipset MediaTek, termasuk flagship Meizu Pro 7 dan Pro 7 Plus. Namun smartphone terbaru milik Meizu, yakni Meizu M6 Note hadir dengan chipset hemat daya Qualcomm Snapdragon 625. Kedepannya Meizu akan menggunakan chipset dari tiga produsen utama, yakni Qualcomm, MediaTek, dan Samsung Exynos.

Untuk Helio P40 sendiri ditujukan untuk bersaing dengan chipset Snapdragon 670 yang diperkirakan juga akan muncul pada kuartal pertama tahun 2018. Untuk saat ini, chipset kelas menengah masih dirajai oleh Snapdragon 660 yang memiliki performa hampir setara dengan chipset flagship milik Qualcomm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here