Tahun lalu, MediaTek mengumumkan Helio X30 sebagai chip 10nm pertama. Hampir tujuh bulan setelah chipset tersebut diluncurkan, hingga saat ini belum ada ponsel yang akan mengusung chipset ini. Chipset Helio X30 sendiri seharusnya menggantikan Helio X20 yang menawarkan peningkatan performa hingga 35% dan penurunan 50% dalam konsumsi daya. Chipset ini juga akan memiliki kinerja GPU yang lebih baik.

Helio-X30

Ketika pertama kali diumumkan, ada sejumlah produsen yang dikatakan telah mendaftar untuk chip tersebut. Oppo, Vivo, Meizu, Xiaomi dan Leeco adalah nama-nama besar asal Tiongkok, sementara perusahaan yang lebih kecil seperti Vernee, Ulefone dan Doogee juga disebutkan.

Dari nama-nama besar, hanya Meizu masih berkaitan dengan prosesor tersebut dan diharapkan untuk menghadirkannya pada Meizu Pro 7 yang merupakan smartphone flagship-nya pada bulan depan. Sementara nama lain telah pindah ke chip Qualcomm atau menetap untuk chip Helio yang lebih tua.

Perusahaan kecil seperti Ulefone, Vernee dan Doogee juga tampaknya enggan menggunakan Helio X30. Vernee misalnya mengumumkan ponsel flagship mereka, Apollo 2 di MWC 2017 dan dijadwalkan untuk rilis pada bulan Mei. Kini sudah memasuki bulan Juni dan tidak ada kabar tentang ponsel tersebut. Produsen ini tidak akan memiliki pilihan lain selain untuk tetap mengusung chipset yang lebih tua seperti Helio X20 atau X27.

Meizu sendiri terlihat memiliki masalah yang cukup serius dengan Qualcomm dan berhubungan baik dengan Samsung. Tentu jika chipset Helio X30 gagal membuat kesan yang memuaskan, maka pilihan selanjutnya akan menggunakan chipset lain. Varian Pro 7 Plus sendiri dikabarkan akan mengusung chipset Exynos 8890 buatan Samsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here