Sejauh ini, kebanyakan orang mengenal smartphone menjalankan sistem operasi Android, iOS dan Windows. Bahkan belum banyak orang yang mengenal smartphone yang menjalankan OS baru seperti Tizen milik Samsung. Namun sejatinya ada smartphone yang menjalankan OS open source lain seperti Linux, sejak beberapa tahun lalu.

Meizu Pro 5

 

Salah satu manufaktur yang menyediakan smartphone buatannya dengan OS Linux Ubuntu adalah Meizu. Meizu Pro 5 merupakan smartphone terakhir dan sekaligus smartphone paling powerfull yang menjalankan OS Ubuntu.

Meizu Pro 5 sendiri bukan yang pertama atau satu-satunya smartphone yang menjalankan OS ini. Sebelumnya, ada Meizu MX 4 yang juga mengusung chipset Exynos buatan Samsung dan menjalankan OS Ubuntu. Jadi, apakah pantas Meizu Pro 5 menyandang smartphone paling powerfull yang menjalankan sistem operasi ini?

Hal pertama yang patut dibanggakan adalah bagian chipsetnya, di mana smartphone ini telah mengusung chipset Exynos 7420. Chipset ini sama seperti yang diusung Samsung Galaxy Note 5 dan jajaran Galaxy S6. Selain itu, ada juga layar seluas 5,7 inci dengan resolusi Full HD 1080p. Itu berarti, perangkat ini memberikan performa yang lebih baik karena menjalankan resolusi FHD di layar yang lebih luas.

Edisi Ubuntu dari smartphone ini juga bakal tersedia dalam dua varian, yakni yang memiliki RAM 3GB dengan memori intenal 32GB dan varian RAM 4GB dengan memori internal yang sama. Tentunya, harga akan menyesuaikan di mana yang memiliki RAM 3GB akan lebih murah. Fitur lain yang membedakan perangkat dari sisa paket smartphone adalah penggabungan dari Type-C port USB.

meizu-pro-5-chart-mixed-750x613-635x519

Selain penyimpanan internal, ada juga slot MicroSD bagi Anda ingin meningkatkan penyimpanan hingga 128GB. Adaptor Wi-Fi 802.11ac hadir, bersama dengan Bluetooth versi 4.1 dan pemindai sidik jari atau fingerprint. Untuk daya tahan baterai, ada baterai berkapasitas 3,050mAh yang sudah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat atau fast charging.

Fitur ini memungkinkan baterai perangkat akan terisi dari 0 hingga 65% hanya dalam waktu 30 menit saja. Meizu belum memberikan konfirmasi kapan ketersediaan smartphone yang menjalankan sistem operasi Ubuntu ini, namun ada kemungkinan perusahaan akan memperkenalkannya pada ajang MWC 2016 nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here