You are currently viewing Melihat Peta Persaingan Google dan Facebook di Seluruh Dunia

Melihat Peta Persaingan Google dan Facebook di Seluruh Dunia

Google memang menjadi situs search engine nomor satu di dunia. Selain itu, Google juga menjadi situs yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat sedunia. Namun bukan berarti hal itu membuat Google sebagai yang nomor satu di setiap wilayah di dunia.

Sebuah analisis dari Oxford Internet Institute pun mengungkapkan bahwa terdapat dua situs yang layak dikedepankan sebagai kompetitor Google. Dua situs tersebut adalah jejaring nomor satu dunia, Facebook serta search engine nomor satu di Cina, yakni Baidu.

Secara global, Google memang jauh lebih unggul dibandingkan dua situs tersebut. Namun kalau dilihat secara lebih mendalam, Facebook memiliki popularitas lebih tinggi dibandingkan Google di beberapa negara. Dan khusus untuk Cina, Baidu menjadi yang nomor satu.

Google menjadi situs yang paling banyak dikunjungi di Eropa, Amerika serta kawasan Oseania. Indonesia pun menjadi wilayah yang dikuasai oleh Google. Namun di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Facebook menjadi rajanya. Fenomena serupa pun terjadi di beberapa negara di benua Amerika, terutama yang menggunakan bahasa Spanyol.

Selain tiga situs tersebut, Yahoo juga menjadi situs yang nomor satu di Taiwan dan Jepang. Sementara itu, Russia dikuasai oleh situs search engine lokal, Yandex.

via ZDnet

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply