You are currently viewing Melindungi Diri dari Scam dan Spam di Internet

Scam dan spam saat ini banyak beredar, terutama di situs jejaring sosial. Salah-salah, akun jejaring sosial Anda atau bisa juga email Anda dihack jika Anda kurang hati-hati.

Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari ancaman spam dan scam? Terdapat beberapa cara yang direkomendasikan oleh Norton terkait perlindungan diri di internet.

  1. Jangan berbicara atau menerima undangan pertemanan dari orang yang tidak dikenal. Hal ini berlaku di semua jenis jejaring sosial, chatting ataupun forum online.
  2. Jangan memberikan data pribadi secara sembarangan di internet, terutama di jejaring sosial. Terlebih Facebook. Situs jejaring sosial yang satu ini kurang mendapat kepercayaan untuk masalah keamanan.
  3. Pastikan Anda memiliki password yang kuat. Password yang kuat bisa saja adalah kombinasi antara huruf dan angka. Dan, bagi Anda yang terbiasa menggunakan bahasa alay, tentunya hal ini bukanlah hal yang sulit. Jangan menggunakan nama Anda, nama hewan peliharaan atau password yang mudah ditebak seperti 12345 dan sebagainya.
  4. Buat grup teman, saudara atau yang lain pada jejaring sosial. Selain itu, jangan berbagi foto, video atau komentar pada sembarang orang. Jangan juga dengan mudah menerima undangan grup dari orang yang tidak dikenal.
  5. Membatasi akses ke bagian profil. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.
  6. Pastikan browser dan sistem operasi Anda selalu up-to-date. Sedia payung sebelum hujan tentunya langkah pencegahan yang paling tepat bukan?

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

This Post Has One Comment

  1. Yanson.tampang

    Siip infox tp kdang y kecolongan jg krn ga bsa d analisa vrus ato bukan simple tp ribet.

Leave a Reply