Penyebaran kabar hoax yang masif memang sangat memprihatinkan. Apalagi dampaknya yang sangat besar, bahkan bisa menimbulkan fitnah untuk pihak-pihak tertentu. Tidak heran kalau banyak pihak yang merasa prihatin dengan keberadaan kabar hoax yang beredar luas di internet.

game hoax-1

Seorang developer game bernama Amanda Warner pun memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan keprihatinannya. Dia membuat sebuah game yang berjudul Fake It To Make It. Dalam game berbasis browser ini, seseorang akan diajak untuk membuat kabar palsu sekaligus menyebarkannya sehingga menjadi viral.

Amanda mengungkapkan kalau game yang dibuatnya tersebut merupakan permainan yang diambil dari kisah nyata. Dia menyebut kisah para remaja di Macedonia dalam menyebarkan kabar palsu yang menceritakan sisi positif seorang Donald Trum sebagai inspirasinya.

game hoax-2

Dia berharap, game ini bisa menjadi sarana edukasi bagaimana bisnis berita hoax yang kini menjadi salah satu sumber duit menggiurkan. Dalam game ini, Anda diharuskan untuk menetapkan target finansial tertentu, waktu yang dibutuhkan, serta bagaimana cara membuat cerita yang bisa menarik perhatian.

Selain itu, Anda juga akan diajarkan bagaimana cara untuk menyebarkan berita palsu tersebut dengan benar. Semakin viral artikel tersebut, maka semakin banyak uang yang mengalir ke rekening Anda. Meski begitu, Amanda juga sadar kalau game ini juga bisa berdampak buruk. Alih-alih memberi edukasi, game ini bisa menjadi inspirasi seseorang untuk menjadi buzzer berita hoax.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here