Pemerintah Iran telah secara resmi memblokir akses jejaring sosial Facebook bagi masyarakatnya. Pemblokiran ini telah diberlakukan oleh Iran sejak tahun 2009 lalu. Dan kini, kebijakan tersebut diperketat oleh Iran. Bahkan mereka yang kedapatan mengakses Facebook di Iran bisa berujung di tahanan.

Menurut laporan yang dikutip dari Venturebeat, mengunjungi jejaring sosial Facebook dianggap sebuah aktivitas ilegal. Seorang aktivis Iran yang tinggal di Amerika bernama Saghar Kasraie mengatakan kalau kebijakan ini adalah langkah putus asa Iran akibat adanya sanksi ekonomi dan gobal yang diberikan oleh Amerika Serikat.

kantor facebook

Kasraie mengatakan kalau kebijakan terbaru ini sangat merugikan bagi dirinya. Terlebih dia biasa melakukan komunikasi dengan anggota keluarga serta temannya yang ada di Iran dengan menggunakan Facebook. Biasanya, untuk menerobos pemblokiran Facebook oleh Iran, bisa dilakukan dengan menggunakan server proxy.

Saat ini, akses internet di Iran memang sangat terbatas. Pengguna internet di sana tidak bisa mengakses beberapa jejaring sosial terkemuka eperti Facebook, Google+ ataupun Twitter.

via Venturebeat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here