Terkadang sebuah situs akan melakukan refresh sendiri secara otomatis. Sebagai contoh adalah forum Kaskus. Refresh tersebut akan menampilkan perubahan terbaru yang muncul dalam sebuah situs. Terkadang, Anda harus melakukan refresh secara manual. Tidak terlalu merepotkan memang. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa perangkat yang bisa membantu Anda untuk me-refresh halaman situs dalam rentang waktu tertentu.

Google Chrome


Bagi Anda yang suka menggunakan browser Google Chrome, Anda bisa menginstal ekstensi Auto Refresh Plus yang bisa diunduh di Web Store. Dengan memakai ekstensi ini, Anda bisa mengatur interval waktu refresh. Selain bisa digunakan untuk merefresh halaman, Anda juga bisa menghentikan layanan dari ekstensi ini pada saat Anda tidak membutuhkannya.

Mozilla Firefox


Untuk Firefox, Anda bisa mengunduh dan install add-on bernama Auto Refresh. Setelah menginstallnya, Anda tinggal me-restart browser dan memilih rentang refresh browser pada bagion option. Add-on ini memungkinkan Anda untuk menjalankan fungsi auto refresh pada sebuah halaman tertentu ataupun semua tab yang dibuka.

Opera


Jika di Google Chrome dan Firefox Anda perlu mengunduh sebuah aplikasi tambahan, maka tidak halnya dengan di Opera. Fitur yang satu ini tersedia secara default di browser yang satu ini. Anda tinggal klik kanan dan akan muncul pilihan Reload Every. Di situ, Anda bisa memilih rentang waktu yang disediakan atau juga bisa mengaturnya sendiri pada opsi Custom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here