Berbagai layanan pemendek tautan alias url shortener kini memang banyak dijumpai di internet. Mulai dari bit.ly, goo.gl, dan lain-lain. Namun, kalau Anda ingin tampil beda dan bangga dengan produk dalam negeri, bisa mencoba layanan serupa yang ditawarkan oleh Intip.in.

intipin

Layanan url shortener yang satu ini memang asli buatan anak bangsa. Kreatornya bernama Harun Rizal yang kini tercatat sebagai salah satu mahasiswa di Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bernama Harun Rizal.

Cara pemakaian layanan url shortener ini pun tidak jauh berbeda dengan layanan serupa lain. Anda bisa secara langsung menuju ke laman resminya. Di situ, akan terdapat kolom untuk memasukkan url yang ingin dipendekkan.

Layanan intip.in ini bisa digunakan baik dengan melakukan atau tanpa pendaftaran. Bedanya, saat melakukan pendaftaran, Anda akan bisa melihat jumlah hits url yang dipendekkan tersebut. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan layanan url shortener lain seperti goo.gl, kan?

Remaja kelahiran 16 Mei 1995 ini mengatakan kalau layanan url shortener ini sebenarnya telah dibuatnya sejak masih SMA. Hanya saja, mahasiswa yang kini duduk di semester 8 tersebut mengatakan kalau kebanyakan saat ini para penggunanya adalah kalangan mahasiswa, baik dari ITS, UNAIR, Unibraw, ataupun UI.

Rizal mengatakan kalau tingkat penggunaan layanan intip.in kini terus mengalami peningkatan. Di tahun 2015, terdapat sebanyak 5.700 kali pemakaian. Angka tersebut meningkat di tahun 2016 yang mencapai angka 30 ribu. Angka tersebut pun kemungkinan bakal mengalami peningkatan, mengingat hingga saat ini, layanan intip.in sudah dipakai sebanyak 13 ribu kali.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here