moto-g5-fingerprint-gesture
Perkenalan fitur Fingerprint Gesture di Moto G5 | kredit: TheVerge

Lenovo dan Huawei kali ini kompak memasang sensor fingerprint di depan, tepatnya di bawah layar. Bahkan bukan hanya tempatnya saja, teknologi fingerprint gesture juga sama-sama disematkan di smartphone mereka masing-masing, yaitu Moto G5 dan Huawei P10. Dengan fitur fingerprint gesture, kedua smartphone tersebut dinilai memiliki inovasi dan memberikan pengalaman interaksi yang berbeda pada pengunjung Mobile World Congress (MWC) 2017.

Kini hanya ada satu tombol yang elegan di Huawei P10 dan Moto G5. Sebenarnya ini bukan tombol fisik, tetapi permukaan sentuh yang sensitif. Mirip fingerprint biasa tetapi dengan bentuk yang tidak membosankan dan nyaman dilihat.

Walaupun sama-sama mengusung fitur fingerprint gesture, Huawei P10 dan Moto G5 memiliki konfigurasi yang berbeda. Tetapi keduanya masih dibuat untuk menggantikan tiga tombol Android seperti yang kita tahu, yaitu Back, Home, dan Recent Apps.

fingerprint-Huawei-P10

Huawei P10 membuat konfigurasi satu ketuk untuk Back, tekan lama untuk Home, dan swipe untuk membuka menu multitasking. Sedangkan Moto G5 swipe ke kiri untuk Back, swipe kanan untuk multitasking, dan sentuh untuk Home. Keduanya responsif dan sangat nyaman digunakan.

Fitur ini memungkinkan tampilan layar yang lebih full-size tanpa terganggu adanya tombol on-screen sekaligus membuat tampilan bodi tetap anggun tanpa terlalu banyak tombol fungsi. Sebagai gantinya, konsekuensi bila fitur ini mulai disukai pengguna adalah: berakhirnya era tiga tombol on-screen dan tombol kapasitif yang sudah menjadi ciri khas Android sejak dahulu.

3-button-android

Selamat tinggal tiga tombol!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here