Seperti yang telah kita ketahui, Qualcomm sedang memasak chipset terbaru mereka dengan seri Snapdragon 820. Namun fitur apa saja yang disuguhkan oleh Qualcomm pada chipset high-end ini? Salah satunya adalah GPU atau biasa disebut pengolah grafis seri terbaru, yaitu Adreno 530. Apa kelebihan Adreno 530 dibanding dengan seri pendahulunya?

Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu mengetahui dahulu apa fungsi sebenarnya dari Graphic Processing Unit atau biasa dikenal GPU. GPU ini membantu proses sebuah tampilan grafis yang dihasilkan pada layar smartphone, terutama pada urusan gaming. Bagi seorang gamer yang menggunakan perangkat smartphone atau tablet, pasti tidak hanya menikmati dari sisi gameplay atau alur cerita, namun juga dari tampilan grafis yang dihasilkan. Seiring pesatnya perkembangan teknologi GPU pada perangkat mobile, maka semakin pentingnya peran sebuah GPU agar dapat menghasilkan tampilan grafis yang maksimal.

Dengan asumsi terdapat beberapa 3 seri GPU dengan tingkat kemampuan berbeda dan di tes pada sebuah game yang memiliki efek ledakan. Yang pertama menampilkan efek ledakan ala kadarnya, yang kedua ada tambahan percikan api, dan seri terakhir dapat menghasilkan tampilan visual yang memukau dengan efek ledakan dan juga asap tebal bersamaan dengan efek yang lain. Bagaimana ini bisa terjadi? Karena pada setiap seri GPU tidak sama dan memiliki batasan atau kemampuan yang berbeda.

adreno530-0

Kali ini akan membahas fitur apa saja yang baru dari GPU Adreno 530, yang merupakan GPU kasta tertinggi dijajaran chipset Snapdragon. Qualcomm, selaku pengembang chipset Snapdragon 820 yang didalamnya juga tertanam GPU Adreno 530 mengklaim bahwa, adanya peningkatan kemampuan pada GPU terbaru mereka ini sebesar 40% dari seri pendahulunya, Adreno 430. Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan bahwa konsumsi daya yang digunakan justru lebih rendah 40% dari seri sebelumnya. Sehingga, penggunaan daya pada Adreno 530 ini lebih hemat dibanding dengan Adreno 430.

adreno530-01

adreno530-02

Fitur lainnya adalah 14-bit Qualcomm Spectra image signal processing (ISP), yang mana fitur ini akan menghasilkan foto layaknya fotografer profesional, setara dengan kamera DSLR. Tidak hanya itu, fitur ISP ini akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan lebih natural. Dengan menggunakan GPU Adreno 530, tidak perlu khawatir untuk aktifitas fotografi, karena seperti yang telah disebutkan tadi bahwa konsumsi daya pada GPU Adreno 530 ini lebih hemat dibanding seri pendahulunya, namun tidak mengurangi performanya.

Tidak hanya dibidang fotografi, dengan adanya Adreno 530 ini, memungkinkan untuk memutar video dengan gambar yang tak kalah jauh seperti pada perangkat komputer, serta tingkat akurasi warna yang tinggi. Selain itu, perangkat yang menggunakan Adreno 530 ini, dapat memutar video resolusi 4K 60fps dengan lancar, tanpa harus mengalami kendala patah-patah.

Berikut adalah hasil render gambar yang ditangkap secara real-time dan diproses menggunakan engine, Unreal Engine dengan tekstur tinggi yang menghasilkan refleksi cahaya dan tingkat kejernihan yang memukau.

adreno530-1
Benar-benar memukau untuk sekelas GPU perangkat mobile dapat menghasilkan render grafis seperti ini
adreno530-2
Hasil render grafis Adreno 530 pada Unreal Engine yang diambil secara real-time

Fitur-fitur lainnya adalah dengan dukungan teknologi OpenGL ES 3.1 + AEP (Android Extension Pack), Renderscript, Vulkan, dan OpenCL 2.0. Fitur-fitur tersebut yang akan membantu sebuah perangkat mobile dalam memproses sebuah tampilan visual dan menghasilkan grafis yang memukau dengan teknologi terkini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here