Sebuah aksi kejahatan berteknologi tinggi baru saja terjadi di benua Eropa. Aksi kejahatan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan flash disk USB untuk mencuri uang dari mesin ATM. Dan ternyata, mesin ATM yang berhasil dibobol oleh hacker tersebut menggunakan sistem operasi Windows XP.

Fakta tentang penggunaan sistem operasi Windows XP pada mesin ATM memang tak terlalu banyak diketahui. Mesin-mesin ATM yang ada saat ini pun kemungkinan memakai OS Windows XP standar yang dihubungkan dengan display, keypad, cryptoprocessor serta berbagai jenis hardware lainnya.

Selain itu, sebagaimana halnya dengan komputer Windows PC, mesin ATM juga dilengkapi dengan socket USB. Dan ketika socket tersebut digunakan, maka mesin ATM akan secara otomatis melakukan booting. Dengan begitu, maka para hacker bisa memasukkan malware ke mesin ATM melalui socket tersebut.

Fakta ini pun tentunya menjadi hal yang sangat rawan. Terlebih dalam beberapa bulan mendatang, Microsoft sudah mengumumkan kalau mereka akan menghentikan dukungan kepada sistem operasi Windows XP. Dan satu-satunya jalan agar sistem keamanan mesin ATM lebih aman, maka bank-bank harus melakukan upgrade ke sistem operasi lain.

via Extremetech