kredit gambar: Ubergizmo

ASCII art menjadi salah satu hasil kreativitas yang sangat populer beberapa tahun lalu. Terutama pada saat era chatting menggunakan IRC. Saat ini ASCII art memang tidak sepopuler dulu, mengingat saat ini ada gambar yang lebih menarik. Animasi adalah salah satu contohnya.

kredit gambar: Ubergizmo
kredit gambar: Ubergizmo

Meskipun begitu, ASCII art memiliki tempat tersendiri di kalangan tertentu. Dan nampaknya, Facebook mempunyai fitur tersembunyi yang memungkinkan para penggunanya untuk mengubah sebuah foto menjadi sebuah ASCII art yang menarik. Dan step by step untuk mengubah sebuah foto menjadi ASCII art di Facebook ini pun ternyata sangat mudah.

Fitur tersembunyi ini pertama kali diketahui oleh pengguna Twitter Mathias Bynens. Seperti dikutip dari Ubergizmo, dengan adanya fitur tersembunyi ini, setiap pengguna Facebook pun bisa dengan bebas mengubah foto miliknya menjadi kreasi unik ASCII art.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka gambar pada tab baru (open image in new tab). Selanjutnya, pada kolom url tepatnya pada bagian ekstensi “.jpg”, kita tinggal menambahkan “.html” atau “.txt”. Setelah itu, maka foto yang dipilih pun akan secara otomatis berubah menjadi sebuah ASCII art.

Fitur tersembunyi ini pun tak hanya bisa digunakan pada foto Facebook, melainkan juga bisa dipakai untuk foto Instagram. Namun yang perlu diperhatikan, untuk bisa mengubah foto menjadi ASCII art, foto terlebih dulu harus dalam status publik. Tidak terlalu sulit bukan?

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here