Razer sempat mencuri perhatian publik awal bulan ini dimana produsen perangkat komputer gaming tersebut meluncurkan smartphone Android pertama miliknya pada awal bulan ini. Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Singapura sudah bisa membeli perangkat baru ini. Beberapa orang mungkin sudah mengulas smartphone ini, namun bagaimana dengan ketahanan dari Razer Phone?

Untuk urusan menguji ketangguhan sebuah smartphone, saluran YouTube bernama JerryRigEverything adalah sumber yang bisa diandalkan. Nah, saluran tersebut baru-baru ini mengunggah video menguji ketanggunan Razer Phone dan seperti biasanya, perangkat tersebut akan menjalani serangkaian test seperti goresan pada layar dan bodi, test bakar, dan yang paling ekstrim adalah test pembengkokkan.

Jika Anda belum mengikuti perkembangan kabar dari Razer, pada dasarnya perusahaan mengakuisisi produsen smartphone Nexbit Robin pada awal tahun ini, dimana setelah akuisisi tersebut Razer menggarap smartphone pertama mereka yang bernama Razer Phone. Desain dari Razer Phone sendiri masih mirip dengan Nexbit Robin, dan sebelumnya saluran JRE sudah pernah melakukan test pada Nexbit Robin.

Hasil test dari Nextbit Robin memang kurang memuaskan, karena pada tes pembengkokkan smartphone tersebut tidak kuat menahan tekanan. Namun apakah Razer Phone akan bernasib sama seperti Nexbit Robin? Dalam hal ketahanan, tampaknya Razer Phone lebih baik ketimbang pendahulunya, meski keduanya memiliki desain yang mirip.

Untuk tes goresan, layar smartphone ini menggunakan lapisan Gorilla Glass, dimana goresan mulai muncul di tingkat 6 yang membuat Razer Phone memiliki ketahanan seperti kebanyakan smartphone flagship lainnya. Namun untuk bodi, bahan metal pada cover belakang dan frame smartphone ini tidak mampu menahan goresan dari kunci maupun mata pisau. Bahkan kaca kamera belakang dan sensor fingerprint di samping juga tergores ketika berhadapan dengan mata pisau. Meski tergores, namun sensor fingerprint masih bisa berfungsi dengan normal.

Smartphone ini memiliki kelebihan pada panel layar IPS yang diusungnya, dimana panel layar Razer Phone memiliki refresh rate 120Hz, yang membuatnya lebih lembut saat menampilkan video atau game. Saat bersentuhan dengan api, layar mulai menghitam dalam beberapa detik dan seperti kebanyakan panel LCD lainnya, warna akan kembali seperti semula.

Nah, yang terakhir adalah test pembengkokkan atau bending, dimana smartphone ini berhasil lolos dari tes kali ini. Meski ada kerusakan pada tombol volume, namun hal tersebut tidak sampai membuat smartphone ini hancur. Bagi Anda yang penasaran dengan tes tersebut bisa melihatnya pada video di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here