(Kredit: Engadget)

Banyak perusahaan teknologi yang menyatakan bahwa perusahaannya bakal menggeluti bidang perangkat virtual reality. Hal itu dikarenakan bisnis VR dianggap sangat menjanjikan untuk sekarang dan masa mendatang. Selain itu perkembangan teknologi virtual reality tak hanya sampai ke perangkat headset VR saja, karena sebuah perusahaan bernama Manus tengah mengembangkan sarung tangan VR pertama di dunia.

(Kredit: Engadget)
(Kredit: Engadget)

Perangkat bernama Manus VR ini memiliki fungsi yang hampir serupa dengan perangkat headset VR untuk menikmati sensasi dunia buatan, bedanya perangkat ini memungkinkan Anda berinteraksi dengan benda-benda yang ada di dalam virtual reality. Tentu ini merupakan perpaduan yang sangat hebat, sementara headset VR seperti Oculus Rift menyajikan pemandangan di dunia VR, maka Manus VR akan memungkinkan Anda menyentuh apapun yang ada didalam dunia VR.

Seperti yang dikutip dari Engadget, Sabtu (12/3/2016), perangkat Manus VR menggunakan sistem Lighthouse teknologi pelacakan posisi agar sesuai dengan yang ditampilkan headset VR. Perangkat ini akan datangan dengan kit yang bisa dipesan pada kuartal kedua tahun ini seharga $250 atau sekitar 3,2 juta Rupiah.

Dalam paket penjualan Kit Manus VR akan termasuk dongle USB, sepasang sarung tangan yang bisa dicuci dan dua pemegang pergelangan untuk kontroler perangkat HTC Vive. Sarung tangan ini sendiri memiliki daya yang dapat bertahan hingga delapan jam dan memiliki motor getar yang diprogram untuk umpan balik taktil.

Tim pengembang perangkat ini juga sudah menyiapkan Software Development Kit (SDK) bagi pengembang game yang tertarik menggunakan sarung tangan Manus VR di game VR buatan mereka. Menariknya, Manus VR dipastikan bakal kompatibel dengan game-game PC, Google Cardboard, dan Samsung Gear VR. Jadi, tak hanya HTC Vive saja yang kebagian perangkat ini.

Tim Manus VR sendiri berasal dari Belanda yang memulai penggarapan perangkat ini pada tahun 2014 dengan tujuan menciptakan sarung tangan pertama VR untuk konsumen umum. Meski masih prototipe, namun perangkat ini akan dipamerkan di Game ajang Developers Conference pekan depan. Manus VR Kit sendiri baru akan memasuki pasaran pada kuartal ketiga 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here