Penyebaran informasi hoax di internet saat ini memang sangat masif. Pemerintah pun telah berusaha untuk menekan angka penyebaran info hoax tersebut. Tidak hanya informasi berupa tulisan, gambar meme ternyata bisa pula menjadi sumber penyebaran info palsu.

nooo

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seperti dikutip dari Kompas Tekno. Rudiantara menyebutkan kalau masyarakat seharusnya memastikan dulu kebenaran sebuah kabar, termasuk di antaranya adalah meme.

Meskipun kalau informasi yang ada dalam meme tersebut benar, ada juga hal lain yang harus kembali dipertimbangkan. Yakni, azas manfaat. “Kalau benar tapi dipergunjingkan, itu namanya ghibah”, ujar Rudiantara.

Oleh karena itu, Rudiantara pun meminta kepada masyarakat umum untuk bisa memperhatikan etika dalam menggunakan media sosial. Termasuk di antaranya adalah dengan tidak membagikan informasi palsu dan sejenisnya. Dari pihak pemerintah, kerjasama dengan berbagai perusahaan luar pun bakal disiapkan. Termasuk dengan Google dan Facebook.

Secara khusus Rudiantara menyebutkan kalau pada awal minggu depan, pihaknya akan melakukan konferensi video dengan perwakilan dari Facebook. Di waktu yang sama, dia juga tengah merencanakan untuk datang secara langsung ke kantor Twitter yang ada di Jakarta.

Permasalahan penyebaran informasi hoax memang menjadi problem yang mendasar di dunia online saat ini. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di tingkat global. Parahnya, tren penyebaran informasi hoax tersebut biasanya meningkat pada saat menjelang dilaksanakannya pemilu.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here