Beberapa hari yang lalu Qualcomm telah mengumumkan chipset terbaru untuk kelas menengah premium yang disebut Snapdragon 712. Ini merupakan iterasi kedua dari seri Snadpragon 7xx setelah perusahaan merilis Snadpragon 710 tahun lalu. SD712 ini dibangun menggunakan proses FinFET 10nm yang sama seperti pendahulunya, dan juga mengintegrasikan delapan core CPU Kryo 360 dan GPU Adreno 616, tetapi memiliki kinerja 10% lebih baik daripada Snapdragon 710.

 

Dengan peningkatan kinerja yang hanya 10% dari Snadpragon 710, tentu banyak yang bertanya-tanya apa kelebihan dari chipset ini karena beberapa mungkin tidak menganggapnya sebagai upgrade. Namun, Qualcomm kini telah mengungkapkan beberapa rincian lebih lanjut dari Snapdragon 712. Qualcomm mengatakan platform mobile SDM712 tidak hanya mewarisi semua kecerdasan AI dan fitur-fitur utama dari platform mobile Snapdragon 710 generasi sebelumnya, tetapi juga akan meningkatkan kinerja gaming dan lainnya.

Sayangnya, detail tentang bagaimana pengalaman gaming yang ditingkatkan dapat dicapai tidak diungkapkan tetapi kami yakin itu terkait dengan frekuensi clock 2.3GHz yang sedikit lebih tinggi yang dicapai oleh chipset baru pada Snapdragon 710.

Salah satu petinggi Qualcomm dilaporkan mengisyaratkan bahwa dibandingkan dengan Snapdragon 710, Snapdragon 712 mencapai peningkatan kinerja 10%, tidak hanya membawa peningkatan teknis ke multimedia dan pengalaman seluler lainnya tetapi juga membawa efisiensi yang lebih tinggi dan manfaat ekonomi yang lebih banyak. 

Prosesor Snapdragon 712 dikatakan mampu mencapai kecepatan pemrosesan yang lebih cepat dan rendering grafis selama bermain game, memungkinkan game-game berat, game multipemain dan jenis game lain berjalan dengan lancar dan merespon dengan cepat. Pada saat yang sama, Qualcomm menekankan bahwa GPU Adreno 616 dirancang untuk menikmati kualitas game seperti host dan pengalaman film sinematik pada smartphone, yang mampu menghasilkan lebih dari 1 miliar warna. Aspek audio juga ditingkatkan untuk memberikan kualitas suara yang luar biasa dan pengalaman gaming yang lebih mendalam.

Selain fitur gaming yang disempurnakan, Snapdragon 712 mengintegrasikan modem Opteron X15 LTE untuk mendukung beberapa fitur 4G LTE yang ditingkatkan, serta dukungan untuk 4×4 MIMO dan Licensed-Assisted Access (LAA). Menurut pejabat itu, kecepatan pengunduhan Snapdragon 712 lebih dari dua kali lipat dari LTE Advanced konvensional. 

Pada aspek kamera, Snapdragon 712 menggunakan ISP kamera Qualcomm Spectra 250, yang mendukung kedalaman warna 10-bit dan mendukung pengambilan video hingga resolusi 4K. Fitur yang tak kalah menarik adalah, Snapdragon 712 juga mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4+, dan dikatakan bahwa hanya dibutuhkan 15 menit untuk baterai diisi dari 0% hingga 50%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here