You are currently viewing Mesin Ketik Jadul Berhasil Dimodifikasi Menjadi Sebuah Printer Keren

Mesin Ketik Jadul Berhasil Dimodifikasi Menjadi Sebuah Printer Keren

Keberadaan mesin ketik kini sudah ditinggalkan oleh para penggunanya. Mengetik menggunakan komputer pun lebih efisien jika dibandingkan dengan mengetik memakai mesin ketik. Namun belum tentu sebuah mesin ketik kini menjadi seonggok sampah yang tak berguna.
printer mesin ketik
Seorang ahli komputer dari Universitas Tufts bernama Chris Gregg melakukan sesuatu hal yang menarik. Dia mengubah sebuah mesin ketik jadul keluaran tahun 1960an bermerek Smith Coron miliknya menjadi printer yang keren.

Proses modifikasi mesin ketik tersebut menjadi sebuah printer cukup rumit. Terlebih mesin ketik tersebut tidak mempunyai tombol elektronik, melainkan sepenuhnya menggunakan sistem mekanik. Akhirnya, dia menemukan solusi untuk menggunakan sebuah solenoida yang digunakan untuk menjalankan tombol pada mesin ketik.

Untuk bisa membuat printer unik yang satu ini, Gregg juga menggunakan Arduino Uno yang selanjutnya memungkinkan mesin ketik untuk mencetak secara langsung dari MacBook. Sebuah video YouTube pun memperlihatkan kemampuan dari mesin ketik yang telah berubah menjadi printer tersebut.

via Gizmodo

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply