Pada ajang konferensi developer WWDC 2017 yang digelar oleh Apple, dimana mereka akan mengumumkan iOS 11 yang merupakan OS mobile terbaru mereka dan peluncuran tersebut menjadi agenda utama. Namun kehadiran OS baru tersebut akan menjadi babak baru bagi perangkat iOS model terdahulu.

ge3pjcnxploe3ibmtam7

Pada iOS versi 11, Apple tak lagi menyertakan dukungan aplikasi 32 bit. Dengan begitu, di halaman App Store tak akan menampilkan lagi aplikasi dengan arsitektur 32 bit. Sebagai informasi, Apple sudah meninggalkan prosesor 32 bit sejak tahun 2013 lalu, dan mulai bergeser ke prosesor 64 bit. iPhone 5s sendiri merupakan smartphone pertama yang hadir dengan proseosr 64 bit.

Meski sudah menggunakan prosesor 64 bit, namun perangkat iPhone dan iPad masih bisa menjalankan aplikasi 32 bit dan 64 bit tanpa kendala. Namun ketika iOS 11 datang, para pengembang aplikasi dipaksa untuk meningkatkan aplikasi buatannya ke arsitektur 64 bit jika aplikasi buatan mereka bisa tetap diakses pengguna.

Lalu bagaimana pengguna perangkat lawas yang masih menggunakan prosesor 32 bit? Pengguna masih tetap bisa mengakses aplikasi 32 bit dengan cara menggunakan direct link. Aplikasi 32 bit masih tetap bisa dijalankan, namun dengan catatan bahwa pengguna belum menguduh iOS 11.

Bagi Anda yang ingin mengecek apakah aplikasi yang Anda instal masih 32 bit, cara mengeceknya melalui Setting > General > About > Applications. Kemudian segera lakukan update untuk aplikasi yang muncul di daftar agar Anda bisa tetap menjalankannya setelah upgrade ke iOS 11.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here